You are currently viewing Ketahui Fungsi IC PA Pada HP Android

Ketahui Fungsi IC PA Pada HP Android

HP Android terdiri dari banyak komponen, yang setiapnya memiliki fungsi masing-masing. Kemudian di HP Android juga komponennya dibagi berdasarkan ukurannya. Ada yang ukurannya kecil, dan ada juga yang ukurannya besar.

Untuk komponen ukuran besar mudah diketahui. Misalnya seperti layar HP, baterai dan lain-lain sejenisnya, merupakan komponen HP dengan ukuran besar. Sedangkan komponen ukuran kecil, ada kamera dan komponen yang disebut IC.

Apa itu IC? IC adalah komponen kecil yang memiliki jenis-jenis tersendiri. Dan punya fungsi masing-masing. Misalnya IC untuk mengatur power, IC untuk memori internal dan lain-lain.

Khusus di artikel ini, akan dijelaskan mengenai IC PA. Salah satu komponen IC yang termasuk penting ada di HP.

Apa itu IC PA?

IC PA merupakan komponen penguat sinyal pada kartu SIM operator seluler. Dengan adanya IC PA, HP dapat menangkap sinyal dengan baik meskipun di tempat-tempat yang tidak terbuka. Misalnya di dalam ruangan.

Karena berhubungan dengan jaringan, inilah alasan mengapa IC PA merupakan komponen penting, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kerusakan yang Terjadi Efek IC PA

Ada beberapa error yang dapat terjadi jika IC PA mengalami kerusakan. Berikut akan dijelaskan apa saja errornya dan keterangannya.

1. Tidak Ada Sinyal

Hal pertama yang akan terjadi ketika IC PA tidak berfungsi dengan semestinya, adalah tidak bisanya HP saat menangkap sinyal. Tidak ada sinyal bisa terlihat dari icon jaringan yang terdapat tanda silang.

Selain itu juga, ketika HP dipakai untuk memanggil kode USSD, biasanya akan muncul pesan no signal, yang menandakan tidak adanya sinyal di HP.

2. Mati Total

Dilansir dari Uplotify.id ada banyak penyebab kerusakan yang dapat membuat HP menjadi mati total. Nah, meskipun cenderung jarang terjadi, saat IC PA pada HP mengalami kerusakan, maka HP bisa saja mengalami mati total (tidak bisa menyala sama sekali).

Hal ini disebabkan karena tidak normalnya sistem HP. Sehingga bukannya menyala, HP malah tidak merespon, atau mungkin hanya muncul getar saja.

3. Boros Baterai

Selanjutnya IC PA yang rusak akan membuat HP menjadi boros baterai. Penyebabnya ketika IC PA rusak, HP akan jadi berjalan abnormal, dan membuat penggunaan daya menjadi lebih besar dari biasanya.

Perbedaan penggunaan baterai sendiri bervariasi. Misalnya HP biasanya bisa dipakai 5 jam dengan daya baterai 80%. Maka ketika IC PA rusak, dalam kapasitas 80% tersebut HP hanya bisa dipakai 3 jam saja.

4.Pangilan Darurat (SOS)

Selanjutnya ketika HP rusak, maka selain no signal seperti yang sudah disebut sebelumnya, akan muncul pesan panggilan darurat (SOS).

Pesan ini dapat kamu temukan di menu bagian atas HP (di bagian kartu SIM), atau di pengaturan sinyal HP.

5. Panggilan Berakhir

Panggilan berakhir adalah pesan yang muncul ketika kamu ingin menelepon seseorang, namun IC PA di HP kamu rusak.

Panggilan berakhir ini pesannya langsung otomatis muncul. Jadi di HP tidak ada nada dering sambungan sama sekali.

6. No Internet Access

Kemudian ketika kamu ingin menggunakan HP untuk internet, maka HP tersebut akan memunculkan pesan no internet access.

Pesan ini dapat kamu lihat di menu bagian atas HP, maupun di pengaturan kartu SIM atau jaringan.

Bagaimana Cara Memperbaiki IC PA yang Rusak?

Untuk memperbaiki IC PA yang rusak, mau tidak mau kamu harus membawa HP tersebut ke tempat servis, kemudian memperbaiki HPnya di sana. Tujuannya yaitu agar IC PA yang rusak / tidak normal bisa langsung diganti dengan yang baru.

Setelah diganti, harusnya masalah-masalah yang muncul ketika IC PA rusak seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan hilang.

Itulah penjelasan mengenai IC PA pada Android. Mulai dari jenis kerusakan, penyebab kerusakan hingga cara memperbaikinya. Diharapkan pembahasan ini dapat membantu kamu yang HPnya sedang mengalami masalah pada IC PA.

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu jika artikel ini bermanfaat. Misalnya share ke sosial media, WhatsApp dan lain-lain. Sekali lagi semoga bermanfaat.