You are currently viewing Manfaat Daun Genjer

Manfaat Daun Genjer

Daun genjer ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya, tanaman ini ditemukan di perairan sawah atau rawa.  genjer juga sering dijadikan sayur, dimasak untuk dikonsumsi. Berikut manfaat daun genjer untuk kesehatan tubuh.

  1. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Sayur daun genjer bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Hal ini lantaran kaya kandungan kalium.

Kalium sendiri adalah sejenis mineral, fungsinya bantu kinerja otot dan saraf. Kalium juga bisa menetralisir efek natrium berbahaya lewat urin. Ini membuat tekanan darah stabil.

  1. Menangkal radikal bebas

Daun genjer juga bermanfaat untuk tangkal radikal bebas, berkat kandungan karoten dan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan ini bisa menetralisir molekul tak stabil seperti radikal bebas. Jadi, antioksidan pada daun genjer bisa bau cegah kerusakan sel di tubuh atau stres oksidatif.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain daun genjer adalah menjaga kesehatan kulit, berkat kandungan senyawa mikronutrien dari antioksidan, yang bisa bantu tingkatkan pertahanan kulit dari sinar ultraviolet. Sayur genjer bisa dimanfaatkan untuk memelihara kulit dan cegah penuaan dini.

  1. Menjaga fungsi penglihatan

Kesehatan mata juga bisa dijaga dengan mengkonsumsi daun genjer, hal ini berkat kandungan karoten didalamnya. Karoten juga bisa mencegah berbagai penyakit dan melindungi mata

  1. Memelihara kesehatan tulang

Daun genjer juga membantu memelihara kesehatan tulang lantaran mengandung kalsium. Kalsium di dalam daun genjer juga bermanfaat menjaga kekuatan otot, jantung dan saraf.

  1. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Terakhir, daun genjer bisa bantu perbaiki sel tubuh rusak berkat kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, percepat penyembuhan luka, dan  menyerap zat besi.

Itulah tadi beberapa manfaat daun genjer untuk kesehatan tubuh.