Mudah Dan Praktis, Berikut Cara Bayar Pajak Kendaraan Di Indomaret

Mudah Dan Praktis, Berikut Cara Bayar Pajak Kendaraan Di Indomaret

Dewasa ini, perbagai kegiatan bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Pembayaran pajak kendaraan yang biasanya harus dilakukan melalui Kantor Samsat pun sudah bisa dilakukan secara online maupun menggunakan jasa penyedia terdekat, seperti indomaret. Anda penasaran? Yuk simak cara bayar pajak kendaraan di indomaret berikut.

Hal Yang Harus Disiapkan Ketika Hendak Membayar Pajak Kendaraan

Setiap pembayaran pajak selalu disertai dengan syarat-syarat yang berlaku. Tentunya, pembayaran pajak yang dilakukan di indomaret juga harus disertai dengan dokumen utama yang biasanya anda gunakan ketika membayar pajak di Kantor Samsat. Anda bahkan harus menyiapkan identitas kendaraan beserta nomor identitas pemilik yang terdaftar secara resmi.

Pembayaran pajak yang dilakukan di indomaret bahkan seperti ketika anda membayar pajak di kantor samsat secara pribadi. Surat tambahan berupa surat kuasa pun tidak perlu dicantumkan sebagaimana jika anda meminta jasa pembayar pajak. Menariknya, pembayaran ini juga hanya mengeluarkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan meminta bantuan kepada orang lain.

Untuk melakukan kegiatan pembayaran ini, anda bahkan hanya perlu menyiapkan dokumen penting yang berhubungan dengan kendaraan. STNK dan BKPB beserta fotokopinya adalah dokumen penting yang harus disiapkan. Kemudian, anda juga harus menyiapkan KTP asli beserta fotocopy sebagai identitas resmi pemilik kendaraan yang tercantum pada STNK dan BPKB.

Meski demikian, pembayaran pajak kendaran yang dilakukan untuk tahunan memiliki sedikit perbedaan dengan pembayaran pajak untuk 5 tahunan. Lazimnya, pembayaran pajak setelah 5 tahun harus diikuti dengan pergantian plat nomor dan penerbitan STNK baru. Untuk itu, syarat pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan yang harus disiapkan adalah formulir perpanjangan, KTP, STNK, BPKB dan kendaraan.

Tips Membayar Pajak Di Indomaret

Pembayaran pajak di indomaret tentu bisa anda lakukan setelah menyiapkan berkas sebagai syarat utama. Anda juga harus menyiapkan syarat tersebut sesuai dengan masa pembayaran pajak kendaraan. Selanjutnya, pergilah ke indomaret terdekat dan kunjungi kasir untuk meminta bantuan terkait pembayaran pajak ini.

Cara bayar pajak kendaraan di indomaret sangat mudah dan praktis. Dalam hal ini, kasir biasanya akan menanyakan syarat-syarat yang telah anda siakan. Kemudian, jawablah pertanyaan kasir dengan baik tentang data diri anda. Lazimnya, anda harus menunjukkan nomor KTP, nomor polisi, nomor mesin yang terdapat pada kendaraan dan nomor telepon wajib pajak.

Data yang telah ditanyakan oleh kasir tersebut akan diisikan pada formulir online di indomaret. Setelah itu, pihak kasir akan menyebutkan nominal pembayaran yang harus anda bayarkan. Setorkan sejumlah uang pajak sesuai dengan jumlah nominal pajak kepada kasir agar terverifikasi dengan baik. Dalam hal ini, anda akan menerima struk bukti pembayaran dan SMS bitly pada nomor yang disetorkan.

SMS bitly yang dikirim ke nomor anda berisi tentang ERI atau Electronic Registration and Identification. Anda bahkan akan menemukan gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran atau e-TBPKP yang dilengkapi dengan QR code. Tentunya, tanda bukti tersebut sebaiknya disimpan dengan baik maupun mencetaknya.

Setelah itu, anda bisa melakukan verifikasi pembayaran kepada pihak kepolisian. Anda bahkan bisa langsung mengunjungi kantor kepolisian terdekat dengan membawa bukti dari indomaret yang dimiliki. Tentunya, bukti tersebut adalah hasil pembayaran yang sah. Pengguna bahkan tidak perlu mengunjungi kantor samsat untuk mencetak tanda pembayaran tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika hendak membayar pajak kendaraan di indomaret. Pembayaran pajak ini bahkan dapat anda lakukan dengan mudah dan praktis. Anda juga bisa cek pajak kendaraan secara langsung untuk membuktikan bahwa pembayaran ini adalah pembayaran bajak yang resmi dan sah.