10 Wisata Air Terjun di Jawa Timur, Bagai Surga Tersembunyi

10 Wisata Air Terjun di Jawa Timur, Bagai Surga Tersembunyi

Indonesia sangat kaya dengan keindahan alamnya. Air terjun adalah pemandangan alam yang membuat kagum siapa saja yang melihatnya. Terletak di tempat yang jauh dari keramaian, 10 tempat wisata air terjun di Jawa Timur ini laksana surga yang tersembunyi. Anda yang menyukai kesejukan dan ketenangan wajib mengunjunginya.

10 Objek Wisata Air Terjun di Jawa Timur yang Memukau

Hampir setiap daerah di Jawa Timur memiliki air terjun yang indah. Bagi Anda yang hobi menjelajah, sejumlah tempat wisata air terjun di Jawa Timur berikut ini pasti menggoda untuk didatangi. Berikut daftarnya.

1. Coban Sriti (Lumajang)

Dengan ketinggian 120 meter, air terjun kembar ini benar-benar memukau. Meskipun untuk mencapainya harus menempuh perjalanan yang tidak mudah, Anda tidak akan kecewa dengan panorama yang ditawarkan begitu sampai di surga yang satu ini. Bahkan, Anda justru akan merasa ingin berlama-lama mengagumi eksotismenya.

2. Air Terjun Madakaripura (Probolinggo)

Masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger, air terjun ini cukup ramai didatangi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Keunikan tempat ini adalah air tidak hanya mengalir jatuh dari arah depan, tetapi juga dari sisi kanan dan kiri akibat adanya tebing yang cekung melingkar.

3. Air Terjun Tirtosari (Magetan)

Jarak yang cukup jauh (3 km dari pintu masuk) dengan jalur trekking yang naik turun tak menyurutkan minat wisatawan untuk menyaksikan keindahan air terjun berundak ini. Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini benar-benar menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan layaknya surga tersembunyi.

4. Air Terjun Sumber Maron (Malang)

Pernah melihat air terjun di tengah sawah? Kalau belum, bersiaplah untuk terkagum-kagum melihat ari terjun Sumber Maron yang ada di Malang. Karena cukup rendah, Anda bisa naik sampai puncaknya. Cara lain untuk menikmati ari terjun ini adalah dengan melakukan river tubing.

5. Air Terjun Coban Rais (Batu)

Memiliki banyak spot foto menarik, air terjun yang satu ini memang sudah sangat populer. Tentu saja, selain berfoto, Anda juga bisa menikmati sejuknya air yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter ini. Tidak sulit mencapai tempat ini, bahkan Anda bisa menyewa mobil rental mobil Malang 200 ribu untuk liburan yang hemat dan seru.

6. Air Terjun Sumber Pitu Pujon (Malang)

Surga tersembunyi lain di Jawa Timur bisa Anda temukan di Malang, yaitu air terjun Sumber Pitu Pujon. Setelah melewati jalur trekking yang lumayan berat sepanjang 2 km, Anda akan terpuaskan oleh pemandangan air terjun yang indah. Airnya yang mengalir melewati semak-semak makin membuat air terjun ini tampak eksotis.

7. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang (Malang)

Masih di kawasan Malang, ada juga air terjun Sumber Pitu Tumpang. Selain air terjun utama, terdapat banyak air terjun kecil yang membuat panorama di objek wisata yang satu ini makin menarik.

8. Air Terjun Coban Sewu (Lumajang-Malang)

Nama Coban Sewu, yang berarti “seribu air terjun”, memang layak diberikan karena di sini, Anda tidak hanya akan mendapati satu, melainkan banyak sekali sumber air terjun sehingga tampak seperti ada seribu air terjun. Dengan ketinggian 180 meter, air yang jatuh ke bumi bagaikan tirai yang terjuntai dari langit. Sungguh menakjubkan!

9. Air Terjun Jagir (Banyuwangi)

Keindahan yang ditawarkan oleh air terjun Jagir adalah adanya tiga air terjun sekaligus yang mengalir dari satu tebing yang sama. Air terjun ini berasal dari mata air Sumber Pawon.

10. Air Terjun Coban Kapas Sewu (Lumajang)

Pesona air terjun ini datang dari aliran airnya yang berwarna putih, berhiaskan warna biru di bagian sisi-sisinya. Itu sebabnya objek wisata ini dinamai Coban Kapas Biru. Dikelilingi tebing-tebing berwarna cokelat kemerahan berlapis lumut hijau dan pepohonan yang rimbun, Anda bagaikan menyaksikan sebuah lukisan alam nan indah.

Kesepuluh objek wisata air terjun di Jawa Timur di atas tentu baru sebagian tempat menarik yang ada di provinsi ini. Jadi, luangkan waktu yang cukup banyak agar bisa puas mengeksplorasi tempat ini.