Tujuan Dari Skripsi

Tujuan Dari Skripsi

Mahasiswa S1 di semester akhir memiliki tujuan untuk membuat sebuah karya tulis yaitu, skripsi.

Adanya skripsi sebuah karya tulis ilmiah yang sejak awal rancangan proposal merupakan hasil dari kerja keras serta pemikiran mahasiswa. Skripsi menjadi sebuah tuntutan untuk mahasiswa S1 yang menginginkan gelar sarjananya, agar mahasiswa pun dapat berpikir secara logis serta dapat menguraikan suatu permasalahan dan menuliskan hasil pemikirannya dalam bentuk karya tulis ilmiah di atas.

Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi sangat membutuhkan orang-orang agar tetap mendampingi serta mendukungnya agar tidak menyerah di tengah jalan. Sama seperti kalimat penjelas yang memiliki fungsi sebagai penguat gagasan dalam satu paragraf, dan merupakan pengembangan dari kalimat umum.

Skripsi merupakan salah satu bentuk dari karya tulis ilmiah penelitian yang memiliki format yang sistematis secara jelas dan detail. Skripsi yang merupakan penelitian terhadap suatu permasalahan memiliki tujuan.

Tujuan penelitian dapat dibedakan menjadi tiga yaitu,

Eksploratif, penelitian yang memiliki tujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru dan belum pernah ditemui sebelumnya. Yang kedua penelitian verifikatif yaitu, penelitian yang bertujuan untuk menguji dan atau menggugurkan suatu teori yang sebelumnya sudah ada. Atau dapat pula penelitian yang sekarang memperkuat teori atau pengetahuan yang sudah ada. Dan yang terakhir yaitu penelitian development yaitu, penelitian yang merupakan pengembangan dari penelitian yang sebelumnya, dapat juga memperluas lokasi penelitian agar teori atau pengetahuan yang telah ada dapat semakin berkembang.

Bagian Pokok Skripsi

Skripsi sendiri memiliki bagian – bagian pokok yang tidak boleh terlewati ketika penulisan. Hal tersebut akan diulas di bawah,

Bagian pokok merupakan bagian yang paling penting dari penulisan skripsi atau karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa. Permasalahan yang dapat diambil menjadi sebuah topik skripsi dapat berupa peristiwa ataupun kejadian di sekitar yang menjadikannya unik dan beda dari yang lain. Adapula yang mengangkat permasalahan mengenai sebab akibat suatu gejala yang ditimbulkan dalam aspek sosial maupun aspek lainnya.

Berikut mengenai bagian inti dari skripsi, yang terdiri dari 5 bab salah satunya BAB I dan BAB II.

Bab I yaitu, pendahuluan yang terdiri dari 3 sub- judul, latar belakang penelitian yaitu, menceritakan bagaimana runtut cerita kenapa permasalahan dapat diangkat sebagai sebuah penelitian, rumusan masalah yaitu pertanyaan peneliti yang akan dijawab melalui penelitian serta ditulis di pembahasan nanti. Sub- judul yang ketiga adalah tujuan penelitian, tujuan penelitian juga dibagi dalam beberapa hal sesuai kebutuhan yaitu, bagi peneliti, bagi masyarakat, bagi para pembaca, atau dapat pula diperuntunkan bagi sebuah lembaga.

Bab II Tijauan Pustaka, yang merupakan kerangka teori yang dapat membuktikan sebuah teori atau pengetahuan terhadap permsalahan yang sedang dikaji. Hal ini dapat dilakukan dengan kajian pustaka dengan memanfaatkan buku maupun jurnal yang mendukung.

Demikianlah ulasan mengenai tujuan dari skripsi yang merupakan sebuah tuntutan mahasiswa S1 untuk mendapatkan gelar sarjana dari universitas swasta maupun negeri. Tujuan dari penulisan skripsi tentunya juga akan melatih mahasiswa untuk berpikir secara logis dan sistematis serta mampu menerapkan teori – teori yang selama ini diajarkan oleh dosen di depan kelas. Pada akhir penulisan skripsi pada beberapa perguruan tinggi biasanya akan menguji skripsi mahasiswa pada tahap pendadaran untuk menguji seberapa layak skripsi yang telah dibuat. Semoga dengan adanya artikel ini juga dapat membantu para pembaca untuk mencari referensi ataupun juga pengetahuan mengenai skripsi.