Anti Lemot! Berikut 6 Tips Mempercepat Android Dengan Mudah

Anti Lemot! Berikut 6 Tips Mempercepat Android Dengan Mudah

Penggunaan Smartphone Android sering kali terasa mudah crash atau lambat. Hal ini tentunya akan mengganggu kegiatan yang Anda lakukan sehari hari. Kinerja yang lambat tersebut sebenarnya tidak terlalu permanen, ada beberapa tips mempercepat Android dengan mudah. Penasaran? Untuk itu, yuk simak ulasan detailnya seperti berikut ini.

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja Hp Android Agar Tidak Lelet Saat Digunakan

  1. Membersihkan Home Screen atau Layar Utama HP

Layar utama atau yang dikenal sebagai Home Screen sering kali dipenuhi dengan adanya shortcut atau pemintas. Biasanya, shortcut ini berupa aplikasi yang sering digunakan atau baru saja dipasang. Agar tidak membuat kinerja HP lemot, alangkah baiknya jika membersihkan pemintas tersebut. Anda bisa menghapusnya dan menyisakan yang diperlukan.

  1. Mengurangi Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selain memperhatikan layar utama pada smartphone, ada baiknya juga melihat aplikasi yang Anda gunakan. Apabila menemukan apps yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah dipakai, maka segera hapus aplikasi tersebut. Sebab, aplikasi tersebut juga akan memenuhi ruang pemrosesan data dalam ponsel yang Anda miliki.

Artinya, aplikasi yang jarang digunakan tersebut juga punya peran dalam membebani kinerja smartphone. Jika aplikasi tersebut merupakan bawaan, alangkah baiknya jika menonaktifkan aplikasi agar tidak memakan memori. Anda bisa masuk ke pengaturan, lalu pilih manajemen aplikasi. Di sini Anda bisa langsung klik atau pilih disable untuk mematikan aplikasi.

  1. Mematikan Animasi

Agar performa HP tidak menurun, Anda juga bisa kurangi pemakaian animasi. Atau jika bisa Anda bisa mematikan animasi tersebut supaya HP lebih kencang. Caranya, masuk saja pada menu Setting > About Phone, lalu cari menu Systems. Dari menu tersebut, Anda bisa mencari kolom yang menampilkan Build Number. Tekan tombol selama 7 kali untuk menggunakan mode developer.

Jika sudah, di dalam menu tersebut akan muncul pilihan Developer Option. Disini Anda harus menemukan kolom Window Animation Scale, Animation Duration Scale, dan Transition Animation Scale. Untuk menonaktifkan pengaturan ini, lakukan secara berurutan dan ubah angka yang tertera menjadi Animation off. Jika ingin tahu info lebih detailnya, silahkan cek ke laman web charis.

  1. Membersihkan Cache Aplikasi

Di dalam aplikasi biasanya menyimpan data cache agar bisa dibuka kembali tanpa kendala. Seiring kali data tersebut dapat menumpuk dan akan memakan banyak memori. Agar kinerja tersebut lebih lancar, maka Anda bisa membersihkan cache. Anda bisa melonggarkan memori ponsel dengan cara masuk ke Settings > Apps, kemudian hapus cache.

  1. Mematikan Auto Sync Pada Ponsel

Sering kali pengguna Android memasang banyak akun dan berbagai macam aplikasi. Akun tersebut biasanya terpasang dalam mode auto-sync yang menyala. Fitur ini berguna agar aplikasi dapat menarik data baru secara otomatis dalam durasi tertentu dan membuat HP lelet. Untuk itu, Anda bisa mematikan auto-sync pada aplikasi yang ada di smartphone.

  1. Factory Reset

Tips mempercepat Android yang paling mudah yaitu dengan melakukan Factory Reset. Langkah ini akan membuat software ponsel kembali pada kondisi ketika baru saja membelinya. Memang cara ini tidak sederhana, sebab Anda harus memindahkan data penting dan menyalinnya. Namun cara ini akan membuat kinerja smartphone jadi lebih andal.

Pemakaian ponsel secara terus menerus akan membuat kinerjanya menjadi lebih lambat. Untuk menghindari performa yang menurun, alangkah baiknya menggunakan tips tertentu. Anda bisa memulainya dengan cara menghapus cache, membersihkan home screen, mematikan animasi, menonaktifkan auto sync hingga mengembalikan pada reset buatan pabrik.