Persebaran Barang Tambang di Indonesia

Persebaran Barang Tambang di Indonesia

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Indonesia merupakan negara yang masuk dalam daftar penghasil tambang terbesar di dunia. Letak geografis dan geologis Indonesia sangat mendukung sehingga kekayaan tambangnya cukup memuaskan. Bahkan, pemerintah membuat peta persebaran barang tambang di Indonesia.

Persebaran Barang Tambang di Indonesia

Untuk Anda yang tertarik menggeluti usaha di bidang pertambangan ini maka harus mengetahui persebarannya. Tentu hal ini sebagai salah satu fondasi dalam menentukan tempat pertambangan yang tepat. Anda bisa menyimak informasi selengkapnya di bawah ini:

  1. Persebaran Minyak Bumi

Persebaran barang tambang yang akan kita bahas pertama adalah minyak bumi. Minyak bumi di Indonesia tersebar di wilayah Sumatera khususnya di Aceh, Tanjung Pura, Sungaipakning Dumai, Muara Enim, dan lain sebagainya.

Tak hanya di Sumatera, minyak bumi juga sering kali ditemukan di Pulau Jawa. Minyak bumi bisa ditemukan di Wonokromo, Cepu, Cilacap, Majalengka, Jatibarang, dan di daerah lainnya.

Kemudian, Anda juga bisa menemukan minyak bumi di pulau Kalimantan. Minyak bumi ditemukan di Pulau Tarakan, Pulau Bunyu, Sekitar Sungai Mahakam, dan lainnya. Di Maluku, minyak bumi ditemukan di Pulau Seram dan di Irian Jaya di Sorong, Babo, dan Klamono.

  1. Persebaran Batubara

Barang tambang yang akan kita bahas selanjutnya adalah batu bara. Barang tambang yang satu ini bisa ditemukan di bagian Sumatera Barat yaitu tepatnya di dekat Sawahlunto. Batubara yang ada di sini umumnya bersifat mudah hancur karena masuk ke golongan batu bara muda.

Kemudian, Anda juga bisa menemukan batu bara di Palembang tepatnya di Tanjung Enim. Walaupun batu bara di sini termasuk dalam golongan batu bara muda namun sudah menjadi antrasit. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas magma dari dalam.

Selain di tempat-tempat tersebut, batu bara juga bisa ditemukan di beberapa tempat lain. Anda bisa menemukannya di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jambi, Riau, Aceh, dan Papua.

  1. Persebaran Gas Alam

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah persebaran gas alam di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada dua jenis gas alam yaitu LNG atau Liqufied Natural Gas dan juga LPG atau Liquified Petrolium Gas. Keduanya dapat digunakan untuk bahan bakar baik di rumah tangga maupun di industri.

Untuk mendapatkan dua jenis gas ini kebanyakan dari Sumatera. Tepatnya di daerah Lhokseumawe di Aceh Utara.  Gas alam diambil biasanya di daerah pulau Arun dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Gas alam tak hanya dimanfaatkan di Indonesia saja melainkan juga diekspor ke luar negeri. Jepang adalah salah satu negara yang menerima ekspor gas alam yang satu ini.

  1. Persebaran Emas dan Perak

Bagi warga Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan adanya emas dan perak. Keduanya memiliki harga yang cukup mahal dan sering digunakan sebagai investasi. Indonesia pun bahkan menjadi penghasil tambang emas dan perak yang cukup besar.

Anda bisa menemukan emas dan perak ini paling banyak adalah di daerah Papua. Namun, selain di Papua, Anda juga bisa menemukannya di Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat Bengkulu dan Aceh. Untuk emas dan perak, hampir di semua pulau besar Indonesia ada.

Bagaimana? Setelah mengetahui beberapa persebaran hasil tambang di Indonesia kini Anda bertambah pengetahuan bukan? Bagi Anda yang tertarik mendirikan perusahaan di bidang pertambangan, tak ada salahnya menggunakan jasa survey SBP (Sub Bottom Profiler) terpercaya.