Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Tidak Alergi

Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Tidak Alergi

Bayi tampak seperti alergi setelah minum ASI? Kalau iya, maka ibu perlu lebih menjaga pola makan. Sebab itu bisa jadi disebabkan karena makanan yang ibu konsumsi. Untuk itu, ketahui juga pantangan makanan untuk ibu hamil agar bayi tidak alergi.

Pemberian ASI eksklusif untuk bayi selama 6 bulan adalah yang terbaik. Karenanya, ibu harus menjaga kualitas dan nutrisi ASInya. Salah satunya dengan menghindari makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi.

Hal tersebut tidak hanya demi kelancaran ASI dan kesehatan ibu. Tetapi juga agar bayi terhindar dari terkena alergi. Lantas apa saja pantangan makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidak alergi?

  1. Kafein

Berhati-hatilah mengonsumsi kopi, teh atau soda saat masih menyusui. Pasalnya, kandungan kafein di dalamnya akan berakhir di ASI. Hal ini tentu tidak baik bagi bayi yang sensitif terhadap kafein.

  1. Ikan yang Mengandung Merkuri

Ikan yang termasuk golongan ini adalah ikan todak, tilefish dan king mackerel. Merkuri sendiri tidak baik bagi bayi, sehingga dapat membahayakan bila masuk ke ASI. Maka dari itu, ibu menyusui lebih mengonsumsi ikan ini.

  1. Makanan Kalengan

Kelompok makanan ini umumnya tidak tergolong sehat. Di dalamnya terdapat banyak pengawet, MSG, perasa makanan dan lainnya. Sehingga lebih baik bila dihindari oleh ibu menyusui untuk mencegah risikonya.

  1. Makanan Alergen

Contohnya seperti telur, kacang tanah, kedelai, gandum, jagung dan lainnya. Jenis makanan-makanan tersebut lebih baik dihindari.

Itulah tadi pantangan makanan untuk ibu menyusui agar bayi tidak alergi. Sebenarnya, tidak ada larangan keras mengenai hal ini. Namun demi mencegah bayi berisiko alergi, makanan-makanan tersebut memang lebih baik dihindari.