You are currently viewing Oleh Oleh Khas Medan Sayang Jika Tidak Dibeli

Oleh Oleh Khas Medan Sayang Jika Tidak Dibeli

Pernahkah Anda berkunjung atau berlibur ke Medan? Kira-kira apa saja oleh oleh khas Medan yang paling recommended? Tentunya sangat beragam. Dimulai dari kuliner hingga produk kerajinan.

Namun, di antara sekian banyak cenderamata khas Medan, kain ulos adalah yang paling populer. Jika kain lurik dan batik merupakan andalan Jogja, maka kain ulos adalah produk unggulannya Kota Medan.

Tahukah Anda, apa itu kain ulos? Kain ulos merupakan kain tradisional khas Medan. Cara pembuatannya sangat rumit karena menggunakan alat tenun. Tak heran, jika ulos banyak diminati para wisatawan.

Umumnya, kain ulos berwarna merah, hitam, dan putih. Disertai beragam hiasan tenunan dari benang yang berwarna emas dan perak. Dengan begitu, kain tradisional ini akan terkesan begitu cantik dan kian menarik.

Mengenai bentuknya, kain ulos berbentuk menyerupai selendang yang panjang. Biasanya, kain ini dipakai dengan cara diselempangkan pada badan. Atau bisa juga dijadikan ikat kepala.

Selain itu, motif kain ulos juga sangat beragam. Seperti ulos ragidup, ulos antakantak, ulos ragi hotang, ulos ragi huting, ulos sibolang, dan masih banyak motif lainya. Dan setiap motif memiliki makna filosofi tersendiri.

Bagaimana, tertarik untuk membawanya pulang sebagai buah tangan? Kalau iya, jangan kaget. Karena harga kain ini biasanya di banderol cukup tinggi. Yakni antara ratusan ribu hingga jutaan. Dikarenakan proses pembuatannya sangat rumit.

Demikian ulasan tentang kain ulos khas Medan. Ternyata, cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat atau sahabat di rumah. Jangan khawatir, jika budget Anda kurang. Karena masih banyak jenis buah tangan khas Medan lainnya yang lebih terjangkau.