Mual dan Muntah Saat Hamil 8 Bulan? Simak Penyebabnya Disini

Mual dan Muntah Saat Hamil 8 Bulan? Simak Penyebabnya Disini

 

Mual memang menjadi salah satu hal yang dirasakan oleh kebanyakan ibu hamil. Tidak hanya diawal kehamilan, namun nyatanya rasa mual dan muntah dapat terjadi di trimester akhir. Berikut adalah penyebab mual dan muntah saat hamil 8 bulan.

Penyebab Munculnya Mual dan Muntah Saat Trimester Akhir

  1. Mual dan Muntah Akibat Gejala Preeklamsia

Pada ibu hamil yang sudah memasuki umur kehamilan tua akan sering merasakan timbulnya rasa mual dan ingin muntah akibat salah satu gejala preeklamsia. Tidak hanya mual dan muntah namun ibu hamil dapat mengalami pembengkakkan pada anggota tubuh.

Preeklamsia biasa dialami oleh 5 hingga 8 persen ibu hamil. Selain itu saat kehamilan memasuki 20 minggu juga dapat terjadi peningkatan tekanan darah walaupun tidak memiliki gejala hipertensi sebelumnya. Jika memang mual sangat mengganggu maka dapat dikonsultasikan ke dokter

  1. Refluks asam

Bagi anda yang merasa mual walaupun usia kandungan sudah tua, salah satu penyebabnya dapat dikarenakan adanya kenaikan asam lambung ke kerongkongan. Hal ini dapat terjadi karena stress atau melemahnya sfingter esophagus.

  1. Morning sickness

Gejala morning sickness tidak hanya terjadi pada ibu hamil yang baru memasuki kehamilan awal. Nyatanya gejala mual dan ingin muntah di pagi hari seringkali muncul pada ibu yang usia kehamilannya tergolong tua.

Demikianlah 3 penyebab munculnya rasa mual dan ingin muntah pada ibu hamil yang telah memasuki usia kandungan trimester akhir. Penyebabnya yang sangat beragam tentunya harus anda waspadai. Jika memang sudah terlalu mengganggu maka anda bisa memeriksakannya ke dokter.