Mengenal Tekwan, Kudapan Lezat Asal Palembang

Mengenal Tekwan, Kudapan Lezat Asal Palembang

Jika mendengar kata Palembang, biasanya yang paling melekat di ingatan masyarakat adalah pempek. Selain pempek, Palembang juga memiliki makanan ikonik yang tidak kalah lezatnya, yaitu tekwan. Jika anda berkunjung ke Palembang, maka tidak akan kesulitan untuk mendapatkan tekwan ini. Bahkan, kuliner khas Palembang ini telah tersebar ke berbagai daerah.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Tekwan

  1. Sejarah Singkat

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, tekwan merupakan kuliner hasil akulturasi budaya Palembang dan Tionghoa. Banyak orang Tionghoa yang menetap di Palembang dan mengenalkan makanan dengan bahan dasar ikan. Makanan ini kemudian dimodifikasi oleh masyarakat Palembang agar sesuai dengan cita rasa lidah orang Palembang.

Makanan ini dimodifikasi dengan penambahan kuah kaldu dan bumbu khas daerah setempat. Tekwan adalah sebuah singkatan dari berkotek samo kawan yang memiliki arti mengobrol bersama kawan. Nama ini dipilih karena  orang Palembang menyukai kegiatan makan bersama kawan-kawan sambil berbincang.

  1. Sajian Tekwan

Tekwan merupakan kuliner khas dari Palembang yang berbentuk seperti sup dan di dalamnya berisi bakso ikan. Bakso ini dibuat dari daging tenggiri dan dicampur dengan tepung sagu. Isian lain dari tekwan adalah bihun, jamur, irisan bengkoang, timun yang dicincang, dan bawang goreng. Kemudian, semua isian ini disiram dengan kuah kaldu dari udang.

Setelah mengenal lebih dalam, ternyata tekwan memiliki sejarah yang sangat melekat dengan kehidupan masyarakat Palembang. Tidak heran, makanan ini menjadi kuliner ikonik kedua setelah pempek. Paduan isi dan kuah yang gurih juga menjadikan tekwan memiliki rasa yang unik dan khas.