You are currently viewing Mengenal Ragam Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengenal Ragam Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apakah anda pernah mendengar nama daun mangkokan ? Penyebutan tersebut terjadi lantaran daun tanaman ini memang mirip seperti mangkok, yaitu bulat dan cekung hingga dapat digunakan untuk menampung sesuatu. Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata manfaat daun mangkokan ini juga melimpah. Berikut beberapa di antaranya untuk bidang kesehatan maupun kecantikan.

Ragam Manfaat dari Daun Mangkokan

  1. Mengobati Luka

Tidak hanya daun sirih yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati luka. Pun dengan daun mangkokan, karena tanaman ini mampu membantu pertumbuhan sel kulit baru dan juga mengeringkan luka yang ada. Untuk mengobati luka, anda perlu menghaluskan daun mangkokan terlebih dahulu. Baru kemudian meletakkannya pada bagian tubuh yang terluka.

  1. Memperlancar Peredaran Darah

Memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, daun mangkokan juga bisa dimanfaatkan untuk memperlancar peredaran darah. Yang mana lancarnya peredaran darah ini bisa meningkatkan kesehatan, karena mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Dalam hal ini, anda bisa merebus daun mangkokan kemudian mengonsumsi air rebusannya.

  1. Mengatasi Permasalahan Rambut Rontok

Jika ditinjau manfaatnya untuk kecantikan, daun mangkokan bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Terlebih untuk kaum wanita, rambut yang tebal, indah, dan juga halus merupakan mahkota bagi para perempuan. Sehingga daun mangkokan bisa dimanfaatkan sebagai masker, untuk membuat rambut lebih sehat hingga mencegah ketombe muncul.

Itulah berbagai manfaat yang mampu diberikan oleh daun mangkokan. Karena merupakan bahan alami, dan lebih banyak penggunaannya adalah di luar tubuh. Maka bisa dikatakan bahwa tanaman ini tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Namun untuk lebih pastinya, anda bisa berkonsultasi pada pakar terlebih dahulu ketika hendak menggunakannya.