You are currently viewing Masa Tidak Subur Setelah Haid

Masa Tidak Subur Setelah Haid

Cara Berhubungan Intim Tanpa Menyebabkan Kehamilan

Pasti ada saat-saat dimana anda dan pasangan belum siap menerima kehadiran buah hati, namun bukan berarti anda harus berhenti berhubungan intim dengan pasangan. Berikut adalah cara berhubungan intim agar tidak menyebabkan kehamilan.

  • Hindari berhubungan seks pada masa ovulasi
  • Menggunakan kondom
  • Menggunakan alat kontrasepsi seperti KB suntik, KB implan, atau Pil KB
  • Melakukan senggama terputus atau keluar diluar
  • Menggunakan kontrasepsi darurat seperti IUD atau Pil Kontrasepsi Darurat
  • Berhubungan intim pada masa tidak subur

 

Bagaimana Cara Menghitung Masa Tidak Subur Untuk Mencegah Kehamilan?

Menghitung masa tidak subur biasanya dilakukan oleh pasangan yang hendak berhubungan intim namun tidak ingin menyebabkan kehamilan, serta tanpa harus menggunakan kondom atau alat kontrasepsi KB. Cara menghitung masa tidak subur yaitu dengan memperhatikan siklus menstruasi. Namun hal ini hanya bisa dihitung jika siklus menstruasi anda teratur yaitu siklus 26 sampai 32 hari. Pertama-tama anda harus menghitung masa subur terlebih dahulu. Misalnya, anda mulai menstruasi pada tanggal 2, lalu 2+12 yaitu 14, berarti pada tanggal 14 hingga 18 anda harus menghindari waktu tersebut untuk melakukan seks jika tidak ingin menimbulkan kehamilan. Anda bisa berhubungan intim di luar masa subur tersebut, sehingga membuat kemungkinan kehamilan kecil, namun bukan berarti bisa benar-benar mencegah kehamilan.

 

Itulah beberapa cara mengenai berhubungan intim tanpa menyebabkan kehamilan, salah satu nya yaitu dengan menghitung masa tidak subur. Menghitung masa tidak subur bisa menyebabkan kemungkinan kehamilan kecil, namun bukan berarti akan selalu akurat karena siklus menstruasi pun selalu berubah-ubah.