You are currently viewing Manfaat Pohon Pinus Yang Jarang Diketahui

Manfaat Pohon Pinus Yang Jarang Diketahui

Tidak hanya penampilannya yang cantik, sering digunakan dalam dekorasi dan makna khusus, pohon pinus juga memiliki kegunaan yang luar biasa bagi kesehatan manusia yang jarang diketahui orang. Pasti kalian juga penasaran banget dengan informasi ini kan? Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang pohon pinus serta manfaat yang dibawanya.

Tidak hanya sebagai penghias dalam keluarga, atau menjadi bahan baku kontruksi bangunan bagi manusia, pohon pinus juga memiliki banyak kegunaan yang tidak terduga untuk kesehatan.

Manfaat Pohon Pinus

Pinus dianggap sebagai ramuan obat yang berharga , dalam banyak pengobatan tradisional dengan beragam kegunaan yang dimilikinya. Damar pinus, cabang pinus, inti kayu, pucuk dan daun semuanya dieksploitasi dan digunakan sebagai obat.

Pengobatan penyakit kulit

Minyak atsiri pinus yang diekstrak dari resin dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul, kudis dengan mengoleskan lapisan tipis pada kulit. Selain itu, mengoleskan getah pinus segar langsung ke luka terbuka dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit tulang, persendian dan gigi

Inti kayu, kulit kayu, dan buah pinus semuanya sangat efektif untuk penyakit tulang, persendian dan gigi. Menggunakan inti dan kulit kayu, untuk dijadikan minuman bisa menyembuhkan rematik, nyeri tulang, merangsang sirkulasi.

Obati batuk dan edema

Minyak atsiri pinus mengandung terpene yang dapat digunakan sebagai obat batuk. Meminum rebusan daun pinus, dinginkan dan berkumur setiap pagi dan sebelum tidur dapat mengurangi rasa gatal karena batuk.

Selain itu, air obat ini juga bisa digunakan untuk membasuh daerah yang edema, membantu penyembuhan luka.

Efektif dalam mengobati penyakit rambut dan kulit kepala

Rebusan daun pinus yang digunakan untuk mencuci rambut memiliki efek merangsang pertumbuhan rambut, anti rambut rontok, anti gatal dan anti ketombe dengan sangat efektif. Minum rebusan dari pinus bubuk juga membantu mencegah penyakit yang mempengaruhi pertumbuhan rambut dari dalam. Selain itu, daun pinus yang dihaluskan untuk membuat minuman bubuk juga membantu membuat rambut lebih hitam dan halus.