You are currently viewing Manfaat Pete bagi Ibu Hamil

Manfaat Pete bagi Ibu Hamil

Pete menjadi salah satu menu yang banyak disukai meski aromanya kurang sedap. Bahan makanan ini dapat dimakan bersama sambal maupun diolah menjadi hidangan lainnya. Bagi ibu hamil, mengonsumsi pete rupanya diperbolehkan asal dalam jumlah yang tidak berlebihan. Manfaat pete bagi ibu hamil juga cukup banyak, yaitu sebagai berikut.

  1. Menambah selera makan

Salah satu masalah yang kerap dialami ibu hamil adalah kurang selera makan, terutama pada tahap awal kehamilan. Padahal, ibu hamil harus selalu mencukupi kebutuhan gizi agar janin dapat tumbuh dengan sehat.

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil terutama yang menggemari pete dapat mengonsumsi bahan makanan tersebut. Bagi sebagian orang, aroma pete yang menyengat memang cukup mengganggu, tetapi bagi orang yang suka, aroma menyengat tersebut justru dapat menambah selera makan.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit juga umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak serat yang terdapat pada sayur-sayuran hijau, termasuk pete.

  1. Mengatur tekanan darah

Selain sembelit, ibu hamil juga kerap mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat membahayakan baik bagi janin maupun bagi ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil perlu menambah asupan mineral kalium yang dapat mengurangi risiko hipertensi, salah satunya dengan mengonsumsi pete.