Manfaat Daun Pepaya bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Daun Pepaya bagi Ibu Hamil dan Janin

Siapa yang tak ingin kehamilannya sehat? Semua ibu pasti menginginkannya. Untuk itu, ibu hamil wajib mengonsumsi makanan bergizi, daun pepaya salah satunya. Manfaat daun pepaya bagi ibu hamil sangatlah banyak, bukan saja untuk sang ibu, tetapi juga untuk janinnya.

5 Manfaat Daun Pepaya bagi Ibu Hamil dan Janinnya

Pertumbuhan janin sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi ibu. Karena itu, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Di antara sayuran sehat lainnya, daun pepaya termasuk yang disarankan karena memiliki banyak manfaat.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia sering menimpa ibu hamil dan bisa membahayakan. Sebelum terlambat, cegah dengan cara mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daun pepaya sehingga produksi sel darah merah meningkat.

  1. Mengoptimalkan Pembentukan Tulang Janin

Janin yang sedang tumbuh membutuhkan suplai vitamin D, kalsium, dan fosfor untuk proses pembentukan tulangnya. Penuhi kebutuhan zat gizi tersebut dengan mengonsumsi daun pepaya.

  1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Proses kehamilan menimbulkan banyak perubahan pada tubuh ibu, termasuk metabolisme yang terganggu. Dengan mengonsumsi daun pepaya yang mengandung vitamin C dan E, Anda bisa memperkuat imunitas dan memperbaiki metabolisme.

  1. Mengatasi Susah BAB

Bukan rahasia lagi jika ibu hamil sering mengalami sembelit yang disebabkan perubahan hormon. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi daun pepaya karena daun ini kaya akan serat.

  1. Memperbaiki Nafsu Makan

Akibat perubaha hormon, ibu hamil juga kerap kehilangan nafsu makan, apalagi pada usia kehamilan muda. Untuk mengatasinya, sisipkan olahan daun pepaya dalam menu keseharian Anda.

Meski manfaat daun pepaya untuk ibu hamil cukup bagus, batasi konsumsinya. Terlalu banyak menyantap daun ini bisa menyebabkan kembung. Jadi, makanlah secukupnya.