You are currently viewing Kapan Waktu Sholat Taubat
Pixabay.com

Kapan Waktu Sholat Taubat

Manusia di ciptakan di muka bumi sebagai khalifah, dengan berbagai tantangan yang ada akan membuat dirinya untuk selalu belajar. Setiap orang memiliki karakter dan ciri khas masing-masing, ada yang hidupnya jaya, ada juga yang hidupnya serba pas-pasan. Oleh karna itu, manusia akan selalu membutuhkan sandaran akan hidupnya, yaitu kepada Allah SWT.

Berbuat salah, atau mengalami masalalu yang kelam, semua itu adalah perkara yang lazim. Pada dasarnya, manusia memang tak bisa luput dari kesalahan, dikarenakan manusia adalah makhluk biasa yang penuh dengan keterbatasan. Didalam agama diajarkan sebuah tuntunan, termasuk ketika kita berbuat dosa, dan ternyata dikemudian hari kita merasa bersalah, agama menganjurkan kita untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Berikut kami berikan sedikit anjuran yang ada di dalam agama untuk ummat muslim yang ingin menebus dosa-dosanya, Oke, yuk lihat disini.

Kapan Waktu Shalat Taubat Yang Bisa Untuk Memohon Ampunan?

Pixabay.com
  • Shalat Taubat Di Sepertiga Malam

Sebagian ulama berpendapat bahwa shalat taubat sangat baik dilaksanakan pada malam hari, sebab pada malam harilah rahmad Allah banyak diturunkan. Melaksanakan shalat taubat untuk memohon ampunan sangat dianjurkan bagi kita sebagai ummat muslim.

  • Shalat Taubat Sebelum Waktu Subuh

Sangat cocok apabila anda ingin melaksanakan shalat taubat untuk meminta pengampunan, di sepertiga malam terakhir sebelum waktu shalat subuh juga sangat dianjurkan. Dalam hal ini, kita bisa sekalian melaksanakan shalat tahajud dan ibadah sunnah lainya.

  • Shalat Taubat Di Siang Hari

Sesungguhnya shalat taubat juga bisa dilaksanakan pada siang hari. Jadi, jika anda berat melaksanakan pada malam hari, waktu siang anda bisa melakukanya. Hanya saja, waktu yang paling di rekomendasikan adalah pada sepertiga malam.

Pixabay.com

Sesungguhnya, di dalam agama tidak ada larangan melakukan shalat taubat di siang hari. Justru ketika kita bisa melaksanakan dengan sesegera mungkin itu akan menjadi lebih baik. Terkadang orang mengira bahwa shalat taubat itu di malam hari, karna kebanyakan orang melaksanakan dimalam hari. Malam hari hanya diambil dari keutamaan waktu, sepertiga malam memang memiliki keistimewaan yang berbedam hingga banyak orang yang memanjatkan do’a pada malam hari.

Selain anda sudah mengerti waktu yang baik untuk menjalankan shalat di malam hari, ada baiknya juga mengerti waktu-waktu yang terlarang. Ada baiknya jika anda memiliki jadwal shalat digtal agar mempermudah dalam menganalisa waktu. berikut kami paparkan:

  • Sama halnya seperti shalat yang lainya, kita dilarang melaksanakan shalat taubat ketika waktu setelah ashar, Yaitu mendekati Maghrib. Selain itu, kita juga dilarang melaksanakan ketika waktu setelah subuh hingga terbit matahari. Dan ketika matahari tepat berada datas kepala.
  • Selain diukur dari waktu, kaum perempuan yang mengalami datang bulan juga dianjurkan agar tidak melaksanakan shalat taubat. Pada perkara ini, hukumnya haram sebagaimana yang berlaku pada ibadah yang lainya. Untuk itu kiat-kiatlah melihat waktu agar anda bisa memperkirakan kapan anda bisa melakukan shalat taubat dengan baik.

Pada dasarnya shalat taubat tidak boleh di undur-undur. Pasalnya, Allah SWT tidak menyukai sikap yang identik menunda-nunda. Oleh sebab itu, apabila terdapat suatu kesalaha yang kita perbuat, hendaknya kita segerakan melakukan shalat taubat apabila memungkinkan.

Dengan shalat taubat, kaum muslim bisa memanjatkan do’a agar diampuni atas berbagai kesalahan yang dilakukan. Demikianlah artikel tentang shalat taubat yang dapat kami sampaikan, selamat berbadah dan terimakasih.