You are currently viewing Informasi Seputar Kota Sungai Penuh Yang Jarang Orang Ketahui

Informasi Seputar Kota Sungai Penuh Yang Jarang Orang Ketahui

Pemekaran wilayah merupakan sebuah strategi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mempercepat pengembangan infrastruktur sebuah wilayah demi kesejahteraan masyarakat. Salah satu kota pemekaran adalah Sungai Penuh di Jambi. Yuk simak informasi seputar kota tersebut di sini.

Fakta Menarik Seputar Pemekaran Kabupaten Kerinci

  1. Diresmikan Pada Tahun 2009

Kota ini resmi berdiri di tahun 2009 melalui pengesahan yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri. Lebih tepatnya pada tanggal 8 Oktober melalui undang undang RI nomor 25 tahun 2008. Kota tersebut merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci

  1. Luas Wilayah 391,50 Km

Luas wilayah tersebut juga lumayan besar yaitu mencapai 391,50 km2. Dengan luasan tersebut, sekitar tahun 2019 total penduduknya sudah lebih dari 90.000 jiwa. Tampaknya hingga saat ini jumlah penduduk telah mengalami peningkatan.

Kota pemekaran kerinci ini mayoritas dihuni oleh pemeluk agama islam. Demografi agama yang berada di urutan kedua adalah Kristen kemudian dilanjutkan oleh Protestan, Katolik, dan Budha. Sedangkan dari segi administratif, kota tersebut memiliki 8 kecamatan.

  1. Memiliki Transportasi Darat Dan Udara Yang Mumpuni

Meskipun baru diresmikan di tahun 2009, saat ini kota tersebut sudah memiliki alat transportasi antar provinsi yang lengkap. Anda bisa menggunakan berbagai kendaraan umum agar bisa sampai ke berbagai wilayah lain. Bahkan ada trayek untuk sampai ke Bengkulu.

Demikian beberapa informasi tentang pemekaran kabupaten Kerinci yang belum banyak diketahui masyarakat. Dari informasi tersebut terlihat bahwa pemerintah berusaha untuk mendorong kemajuan wilayah demi pembangunan yang lebih baik.