Daftar Makanan Ibu Menyusui Yang Terbaik dan Teraman

Daftar Makanan Ibu Menyusui Yang Terbaik dan Teraman

 

Setelah melahirkan tugas ibu adalah menyusui bayinya. Dalam menyusui kondisi ibu dan produksi ASI oleh ibu sangat perlu diperhatikan. Kondisi ibu sangat mempengaruhi produksi ASI yang akan diberikan pada bayi. Selain kondisi ibu, makanan yang dikonsumsi ibu juga sangat mempengaruhi banyak atau sedikitnya produksi ASI. Karena jika ibu kurang makanan maka produksi ASI yang dihasilkan juga menjadi sedikit. Akibatnya bayi tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Di antara makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah:

Daun katuk

Memakan daun katuk untuk ibu menyusui sangat dianjurkan bahkan sejak zaman dahulu kala. Para nenek moyang kita telah mengkonsumsi daun katuk agar produksi ASI ibu meningkat dan bayi tidak kekurangan nutrisi.

Papaya

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, kalium, dan zat besi yang bagus untuk memperbanyak dan meningkatkan kualitas produksi ASI. Papaya juga bagus untuk menjaga mood ibu agar tetap baik meskipun telah lelah mengurus bayinya sepanjang hari.

Gandum

Gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat yang juga banyak serat. Kandungan ini dapat menambah energy ibu dan dapat membuat bayi menjadi kenyang lebih lama.

Sup daging

Sup daging mengandung protein, cairan, dan sayuran yang bagus untuk ibu menyusui. Segala yang terkandung dapat meningkatkan kualitas ASI. Daging dan sayur merupakan sumber protein dan vitamin yang bagus untuk ibu dan bayi, kuah dari sup daging dapat menambah cairan tubuh ibu dan dapat memperbanyak dan memperlancar ASI yang diberikan kepada bayi.