You are currently viewing Cara Mudah Kenali Akun Palsu di Facebook

Cara Mudah Kenali Akun Palsu di Facebook

Maraknya penggunaan media social rupanya tidak menjamin keamanan. Sekalipun akun facebook dengan kata sandi teraman hanya kita seorang yang mengetahuinya, saat tidak mengganti kata sandi secara rutin pun akan mudah dibobol.

Bukan hanya itu saja, ada kemungkinan pula orang lain akan berbuat jahat kepada kita via facebook. Makanya sering dijumpai orang dengan facebook akun yang palsu. So, akun facebook milik orang jahat dan berniat memalsukan identitasnya bisa kita kenali melalui cara ini.

Cara Mengenali Akun Palsu di facebook

Ketahui Alasan Akun Palsu

Jika kamu tengah mencari cara untuk mengenali akun facebook yang palsu, ketahui dulu bahwa sang pemilik akun palsu biasanya dikategorikan sebagai penipu kelas ulung. Karena termasuk penipuan, pasti ada maksud lain dari tindakannya tersebut. Entah menipu dengan uang, atau lainnya.

Berbicara dengan Orang yang Dikenal

Zaman sekarang sulit rasanya untuk tidak berbicara dengan orang asing. Toh, faktanya jika kamu menggunakan facebook untuk berbisnis bahkan tidak peduli siapa targetnya entah dikenal atau tidak yang terpenting menghasilkan uang, bukan?

Lakukan Stalking

Tidak ada tujuan khusus mengapa kamu harus melakukan stalking. Setidaknya saat kamu sudah memutuskan untuk berteman dengan seseorang yang tidak dikenal di akun facebook lakukan sedikit penyelidikan terkait profilnya sehingga kamu mendapatkan informasi dari si pengguna.

Saat melakukan stalking pun kamu dianjurkan membaca profil orang tersebut secara teliti. Mungkin ada orang yang menyerahkan jabatannya tetapi sangat tidak masuk akal dengan usianya? Tentu saja hal ini perlu diwaspadai. Jangan-jangan akunnya betulan palsu!

Cek Foto Profil

Akun facebook seseorang tidak mesti palsu dengan menggunakan foto profil bergambar manusia. Namun, satu hal yang perlu kamu waspadai, jangan-jangan mereka menggunakan foto yang berasal dari google dan menyangka kamu tidak mengetahuinya?

Tentu saja kamu harus menyelidiki hal tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan cara menyeret foto profil orang tersebut ke desktop, jika kamu membuka facebook pakai PC. Kemudian kamu bisa menyeretnya ke google. Secara otomatis google akan memindai foto tersebut dan terlihat sumbernya.

Telusuri Nama

Selain menggunakan cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara lain yang lebih detail. Salah satunya pelacakan nama. Namun, pelacakan nama ini tidak akan berhasil jika nama orang yang digunakan memang pasaran. Kamu bisa mencarinya melalui google lho!

DDi sini kamu juga harus perhatikan apakah orang tersebut pernah ditandai dalam suatu postingan temannya? Jika pernah, maka kamu bisa mengecek temannya pula. Kamu juga harus perhatikan postingan seperti apa yang menandai dirinya.

Cek Pertemanan

Meski tidak semua facebook akan menampilkan siapa saja orang yang berteman dengan mereka, kamu bisa melakukan ini di facebook tertentu. Kemungkinan besar jika teman-temannya orang local maka akunnya besar kemungkinan akun asli. Terutama jika berasal dari daerah yang sama.

Blokir Pertemanan

Setelah melakukan stalking sedemikian panjangnya, mungkin kamu mulai merasa ragu untuk berteman dengannya? Maka dengan mudah kamu bisa memblokir pertemanannya. Namun, jika kamu masih ragu-ragu, kamu bisa gunakan masa percobaan.

Pada dasarnya semakin marak penggunaan media social, kejahatannya juga semakin beragam. Oleh karenanya sebagai pengguna yang bijak tentu saja kita harus pandai-pandai dalam memilih pertemanan. Bukan hanya di dunia nyata saja, tetapi facebook juga. Bagaimana? Sudah mencoba cara-cara di atas?

Tapi jika ternyata akun facebook kamu miliki terkena hack atau dicuri orang, kamu bisa meminta kode konfirmasi facebook untuk mengembalikan akun.