You are currently viewing Mudahnya Cara Merekaman Layar Laptop Tanpa Aplikasi untuk Pengguna Windows 10

Mudahnya Cara Merekaman Layar Laptop Tanpa Aplikasi untuk Pengguna Windows 10

Perkembangan teknologi yang begitu pesat ternyata sangat memudahkan masyarakat untuk mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pasalnya, hampir seluruh informasi telah tersaji dengan baik melalui berbagai media digital. Bahkan, informasi yang didapatkan tidak hanya terbatas pada teks maupun gambar. Melainkan juga informasi yang disajikan dalam bentuk rekaman video yang sangat bermanfaat seperti rekaman peristiwa, tutorial, dan sebagainya. Terlebih, banyak sekali platform media digital yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi dalam bentuk video dengan mudah seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan sebagainya. Nah, bagi para pengguna laptop yang memiliki Windows 10 ternyata bisa memanfaatkannya untuk membuat video melalui perekaman layar (screen recorder) tanpa harus menginstal aplikasi tambahan lho. Lantas, bagaimana caranya ?. Simaklah jawabannya melalui ulasan menarik berikut ini.

Masuk (Login) dan Lakukan Pengaturan Xbox DVR

Masih banyak pengguna laptop Windows 10 yang belum menyadari bahwa gawai miliknya bisa merekam layar laptop untuk menghasilkan video yang berkualitas lho. Mulai dari video tutorial, video revew aplikasi atau game, fitur-fitur produk laptop sampai dengan video llive streaming tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Pengguna laptop dapat memulai perekaman layar (screen recorder) dengan cara memasuki atau login ke dalam fitur Xbox DVR yang sudah tersedia pada Windows 10. Pengguna dapat melakukan login dengan memasukkan usernam dan password akun Microsoft yang dimilikinya. Ketika pengguna laptop telah berhasil masuk maka dapat melanjutkannya dengan melakukan pengaturan fitur Xbox DVR

Pengaturan dibutuhkan untuk menentukan output atau hasil dari perekaman layar (screen recorder) yang diinginkan. Pengguna dapat melakukan pengaturan dengan cara menekan menu setting lalu memilih menu Game DVR yang ada pada fitur Xbox. Pengaturan dapat dilakukan dengan mimilih tempat penyimpanan file video yang dihasilkan dari proses perekaman layar laptop. Bahkan, pengguna juga bisa menentukan sendiri kualitas video perekaman yang ingin didapatkan. Pastikan untuk memilih frame rate video perekaman layar yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak menghabiskan banyak ruang di tempat penympanan. Pasalnya, semakin besar frame rate fps) maka ukuran file video perekaman yang dihasilkan akan semakin besar pula. Selain itu, pengguna juga bisa menentukan sendiri kualitas video perekaman secara otomatis seperti low, medium (standart) hingga high.

Mulai Perekaman Layar Laptop Sesuai dengan Kebutuhan

Cara merekam layar laptop untuk pengguna Windows 10 dapat dilanjutkan dengan memulai perekaman sesuai dengan kebutuhan. Apabila pengguna laptop telah memiliki konsen untuk memproduksi sebuah video bertemakan game layaknya para Youtuber Gaming maka dapat memulainya dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur game bar. Fitur dapat diaktifkan secara manual dengan mencarinya pada menu Windows. Namun, apabila pengguna tidak ingin ribet maka bisa menggunakan shortcut berupa ikon Windows + G secara bersamaan. Ketika game bar telah diaktifkan maka pengguna laptop dapat menggunakannya untuk merekam layar ketika ngegame, capture screenshot, hingga broadcast video.

Ketika pengguna laptop memiliki konsen untuk membuat video tutorial aplikasi maupun fitur dapat memulainya masuk ke dalam fitur Game Bar. Penggun hanya perlu melakukan beberapa pengaturan pada fitur tersebut seperti memilih aplikasi atau fitur yang ingin direkap dengan memberikan chacklist. Saat muncul notifikasi tentang konfirmasi maka dapat memilih jawaban yes. Barulah pengguna laptop dapat memulai perekaman layar pada aplikasi yang ingin direview. Selain itu, pengguna bisa menggunakan berbagai shortcut tambahan untuk mempermudah proses perekaman layar laptop.