Begini Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah atau Mati Paling Ampuh

Begini Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah atau Mati Paling Ampuh

 

 

Salah satu bagian paling penting dalam smartphone adalah layar. Tak hanya paling penting saja tetapu juga sebagai bagian yang paling rawan untuk mengalami kerusakan dalam penggunannya. Oleh karenanya Anda sebagai pengguna smartphone harus berhati-hati dalam penggunaannya agar tidak mudah rusak atau pecah. Dengan perkembangan teknologi yang makin memukau memang sudah banyak peningkatan dari daya tahan layar smartphone. Namun  tidak menutup kemungkinan akan tetap rusak pula ketika tidak sengaja jatuh dan menimpa permukaan yang keras. Tak hanya pecah saja hasilnya tetapi juga bisa jadi layar tidak ada respon pada sentuhan bahkan saking parahnya bisa – bisa smartphone jadi mati.

Pastinya banyak dari pengguna smartphone yang panic bila menghadapi keadaan layar yang pecah atau mati seperti itu. Salah satu yang terfikirkan adalah data-data penting yang tersimpan dalan smartphone ini yang akan hilang. Nah, Tak perlu khawatir atuapun terlalu panaik karena ada cara yang paling ampuh untuk menyelamatkan data ketika layar smartphone ini pecah atau mati. Berbagai cara yang akan dijelaskan ini mudah untuk dilakukan sehingga tak perlu khawatir walaupun hanya sedikit. Untuk penjelasannya akan dibagi menjadi dua yakni cara menyelamatkan data saat layar smartphone pecah tapi masih menyala dan ketika layarnya pecah dan mati.

Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah Tetapi Masih Menyala

Kebanyakan kejadian yang dialami oleh pengguna smartphone adalah layarnya pecah tetapi smartphone-nya masih menyala. Bila keadaanya seperti ini tidak perlu khwatir karena pasti data penting dalam memori internal bisa Anda selamatkan. Caranya begitu mudah untuk dipraktekan tanpa membuang banyak waktu. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  1. USB OTG dan Komputer atau Laptop

Pertama-tama bagi yang layar smartphone-nya pecah dan masih responsive bisa menyelamatkan data ke Komputer atau laptop yang dimiliki.  Yang Anda butuhkan adalah kabel USB On The Go (OTG) dan juga computer atau laptop. Untuk kabel USB OTG bisa diganti dengan kabel data yang cocok dan bisa menyambungkan antara smartphone yang dimiliki ke computer/laptop. Silahkan sambungkan kabel ini pada kedua perangkat. Ketika sudah terhubung Anda bisa memulai proses transfer data atau pemindahan data. Pemindahan ini terjadi antara memori internal smartphone ini ke HardDisk computer. Silahkan salin semua data yang ada dalam smartphone ini tanpa ada yang terlewatkan.

  1. USB OTG dan Flashdisk

Bagi yang tidak memiliki laptop atau computer untuk menyelamatkan data smartphone yang layarnya sudah pecah tapi masih menyala, maka bisa memanfaatkan Flashdisk. Disini Anda juga harus mempergunakan USB OTG dan tentunya harus punya flashdisk dengan ruang penyimpanan yang memadai. Hubungkan kabel USB OTG ini dengan flashdisk yang Anda sudah siapkan sebelumnya.  Bagi yang tak memiliki kabel USB OTG ini bisa melakukan cara lain yakni memindahkan semua data yang ada dalam memori internal smartphone yang pecah layarnya ke memori ekstenal dari microSD.

  1. Card Reader

Secara umum semua data yang tersimpan dalam smartphone ini akan disimpan pada memori card. Anda yang tidak mempergunakan memori card sebagai media penyimpanan tidak akan bisa menyelamatkan data dengan cara yang satu ini. Cara yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk smartphone yang layarnya pecah atau mati. Adapun menyelamatkan data smartphone dengan bantuan card reader ini sangatlah mudah. Silahkan copot memori card yang ada dalam smartphone. Setelah itu masukan memori card ini ke card reader. Dari situ masukan atau hubungkan card reader ke PC/laptop yang dimiliki. Mulailah untuk mengambil atau menyalin semua data yang ada pada smartphone tersebut.

Cara Menyelamatkan Data Jika Layar Smartphone Pecah dan Mati

Walaupun jarang tetapi banyak pula pengguna smartphone yang mengalami pecah layar kemudian smartphone tidak menampilkan tampilan apapun atau mati. Biasanya hal ini terjadi karena benturan yang sangatlah keras sehingga mengakibatkan matinya smartphone tersebut. Anda yang mengalami layar smartphone pecah dan mati masih tetap bisa menyelamatkan datanya dengan beberapa cara. Berikut adalah penjelasan lengkap berbagai cara menyeleamatkan data dari smartphone  tersebut:

  1. Program VNC

Cara yang pertama yang bisa membuat data yang ada dalam smartphone  yang dimiliki yang sudah pecah dan mati adalah mempergunakan sebuah program khusus bernama VNC (Virtual Network Computing). Nama dari program ini memang masih terasa asing dan belum diketahui banyak orang. Bagi yang belum mengetahuinya VNC merupakan sebuah program khusus yang mampu memindahkan data android ke computer atau laptop  dengan metode pemindahan antar muka. Segala sesuatu dalam smartphone ini akan mampu dikendalikan oleh pengguna melalui layar desktop. Dengan kecanggihan teknologi yang satu inilah yang mampu menyelamatkan data smartphone yang layarnya sudah pecah dan mati.

 

Tentunya karena akan mempergunakan program VNC untuk menyelamatkan data smartphone yang pecah dan mati layarnya, Anda harus mengunduh dan menginstal program tersebut terlebih dahulu. Terdapa dua versi dari program VNC ini yakni yang versi gratis dan juga ada yang versi berbayar. Anda yang mau memiliki banyak fitur lebih canggih, pemakaian yang lebih luas dan mudah maka pilihlah program VNC yang berbayar.  Pengunduhan untuk program ini dilakukan di PC tetapi juga harus ada di perangkat Andorid yang dimiliki. Pastikan Anda mempergunakan program yang aman dan resmi yang bisa diunduh di toko aplikasi.

 

  1. Perangkat Lunak AirDrop

AirDrop merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang kemampuannya bisa menghubungkan computer dengan smartphone yang Anda miliki. Software ini bisa dipergunakan lewat aplikasi yang terpasang di computer atuapun dari web interface yang tersedia. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendownload dan menginstal  AirDrop ini pada smartphone dan juga PC. Bila sudah miliki perangkat lunak ini segera buat akun sehingga Anda bisa terhubung  dengan kedua perangkat tersebut.

 

Silahkan buka AirDrop pada smartphone yang dimiliki dan aka nada banyak ikon menu yangd isediakan. Dari menu-menu inilah Anda bisa mentransfer file sampai mencopot pemasangan aplikasi. Disini Anda harus mencari lalu memilih pilihan icon menu backup dalam AirDrop.  Jangan lupa untuk menekan tombol simpan dan menggunakan rincian login yang tak berbeda. Dengan Anda memilih menu backup nantinya data akan tersimpan di computer. Anda yang mau informasi lebih mendalam soal aplikasi ini ataupun informasi terbaru berbau teknologi yang mumpuni bisa langsung kunjungi website Kuotabro saat ini juga.

 

  1. Program Vysor

Masih ada satu cara lagi yang bisa dipergunakan untuk menyelamatkan semua data dalam smartphone yang layarnya sudah pecah dan mati. Vysor membantu  dan membuat Anda bisa mempergunakan smartphone dengan mengatur atau mempergunakannya lewat computer desktop. Penggunakan untuk Vysor ini bisa untuk pernagkat Linux, Mac, dan juga Windows. Cara kerjanya memanfaatkan perluasan Chrome. Tersedia versi dasar  yang gratis pada Vysor ini yang bisa Anda pergunakan secara mudah. Tentunya pilih versi gratis yang resmi dan terpercaya ya jangan yang abal-abal. Dapatkan aplikasinya di toko-toko aplikasi yang ada.

 

Yang diperlukan bila mau menyelesaikan proses pemulihan atau penyelamatan data smartphone yang mati dan layarnya pecah ini adalah kabel USB. Guna dari kabel tersebut adalah menghubungkan antara desktop dan juga ponsel. Banyak hal bisa dilakukan bila sudah terhubung, misalnya mengambil tangkapan layar dalam smartphone.  Bila Anda mau pergunakan yang versi berbayar pun juga bisa. Dengan ersi yang berbayar ini otomatis kualitas yang didapatkan akan makin memukau. Anda bisa mendapatkan tampilan layar yang kualitasnya lebih dengan tampilan penuh yang tersedia. Selain itu yang lebih memukaunya lagi transfer data  Anda bisa lakukan tanpa ada kabel koneksi yakni dengan drag and drop. Pengaturan untuk penggunaan aplikasi Vysor inipun juga begitu mudah dilakukan.

 

Penggunaan aplikasi Vysor ini terkadang tidak bekerja pada beberapa perangkat smartphone. Selain itu kadang pula berjalan secara lambat dengan kualitas gambar yang tidak terlalu baik pada versi yang gratis. Makanya disarankan untuk mengamankan data yang dimiliki Anda bisa mempergunakan versi yang berbayar. Jaminan keamanan pun akan didapatkan bila mempergunakan versi yang berbayar. Walaupun keluar uang tetapi sepadan dengan keuntungan yang akan didapatkan dalam hal penyimpanan dan pengamanan data.

 

  1. Fitur Cloud Smartphone

Sedari awal Anda sudah harus mencadangkan data yang dimiliki dalam smartphone ke fitur cloud. Barulah semua data akan bisa diselamatkan  dengan memanfaatkan ritu tersebut. Di dalam fitur ini hampir ada pada berbagai smartphone yang ada. Cara kerjanya tentu saja mencadangkan seluruh data yang tersimpan dalam HP. Anda yang layar smartphone-nya pecah atau mati  sudah tidak perlu khawatir karena semua data sudah dicadangkan di fitur tersebut. Anda bisa langsung mendownload fitur ini  yang disesuaikan dengan perangkat smartphone. Setelah itu login pada akun cloud yang dimiliki dan untuk mendapatkan semua data yang dicadangkan tinggal mendownloadnya saja.

 

Ketika Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan data pada smartphone yang layarnya pecah atau mati atau gagal, artinya  harus melakukan cara lainnya. Cara yang paling tepat atau jitu untuk menghadapi situasi tersebut adalah membawa smartphone ini ke tempat service. Jangan sembarangan untuk membawa ke tempat service smartphone ya karena bila Anda melakukan kesalahan pemilihan tempat service tersebut bisa jadi keamanan data malah terancam dan bikin kerugian yang besar. Maka dari itulah disarankan untuk memilih tempat service smartphone yang terpercaya. Memang akan mengeluarkan banyak uang bila cara ini yang dilakukan tetapi Anda akan berhasil menyelamatkan data penting dalam smartphone dan juga bisa memilih untuk memperbaiki layar.

Anda bisa juga bawa smartphone yang layarnya sudah pecah atau mati ini ke tukang servis resmi yang bisa mempergunakan garansi produk. Akan lebih untung bila mempergunakan garansi produk bila masih bisa diklaim.  Namun yang perlu jadi perhatian, data yang dimiliki mungkin tidak bisa kembali sepenuhnya. Semuanya tergantung dengan kerusakan yang dialami pada smartphone ini.  Jika kerusakan layar membawa pada kerusakan sistem yang parah, data bisa saja tidak terselamatkan.  Nah, itulah tadi berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan data smartphone yang layarnya sudah pecah atau mati.