You are currently viewing 5 Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Menginstal Program

5 Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Menginstal Program

Sebagian besar pengembang aplikasi di zaman sekarang sudah memberikan kemudahan, dalam proses instalasi bagi para penggunanya. Oleh karena itu, banyak orang yang sudah bisa melakukan instal aplikasi sendiri di komputer maupun laptop. Namun bagaimana jika proses instalasi tidak bisa dilakukan ? Berikut cara mengatasi komputer yang tidak bisa menginstal program.

Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Terpasang

  1. Cari Software Terbaru

Salah satu penyebab suatu program tidak bisa terpasang pada komputer atau laptop adalah karena anda menggunakan aplikasi yang belum update. Pasalnya aplikasi versi lawas terkadang tidak support bila digunakan pada OS terbaru. Untuk itu, anda harus mengunduh versi terbaru dari program terkait apabila ingin menginstalnya pada PC.

Kemudian, sebaiknya anda memastikan bahwa aplikasi yang diunduh memang cocok dengan sistem operasi yang digunakan saat ini. Misalnya sistem operasi yang anda miliki menggunakan arsitektur 32 bit, maka unduh software 32 bit. Sementara sistem operasi yang menggunakan 64 bit, lebih bebas mengunduh aplikasi 64 bit ataupun 32 bit.

  1. Mengaktifkan Compatibility Mode

Mengaktifkan compatibility mode bisa mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer atau laptop. Untuk mengaktifkan compatibility pada Windows, pertama cari aplikasi yang akan diinstal dan klik kanan lalu pilih Properties. Pada opsi Properties tersebut, klik tab Compatibility dan diberi centang pada bagian Compatibility Mode.

Pilih operating system yang sekiranya kompatibel dengan aplikasi yang hendak anda instal. Dalam hal ini disarankan untuk memilih Windows 7 karena versi ini terbilang cukup kompatibel dengan berbagai aplikasi, inilah yang menjadi alasan Window 7 masih populer untuk pengguna komputer. Setelah itu, klik Apply lalu OK dan instal aplikasi.

  1. Gunakan Windows Installer

Penyebab lainnya mengapa aplikasi tidak bisa terinstal pada komputer atau laptop biasanya terjadi ketika Windows Installer berada dalam keadaan disable. Oleh karena itu, apabila anda mengalami kendala seperti tidak dapat melakukan pemasangan software pada Windows, sebaiknya pastikan terlebih dahulu status Windows Installer.

Caranya yaitu bisa langsung melalui perangkat keras komputer yaitu pada keyboard tekan ikon Windows + R untuk membuka jendela Run. Lalu ketikkan service.msc, tekan enter dan scroll ke bawah hingga menemukan service Windows Installer. Klik kanan pada opsi tersebut dan pilih properties. Pada bagian startup type, ubah menjadi manual dan klik apply lalu OK. Berikutnya coba instal kembali aplikasi.

  1. Instal Sebagai Administrator

Cara mengatasi komputer yang tidak bisa menginstal program berikutnya yaitu cobalah dengan menginstal sebagai administrator. Pasalnya beberapa aplikasi membutuhkan hak akses administrator dalam melakukan penginstalan. Yang perlu anda lakukan untuk menginstalnya adalah pertama, carilah aplikasi yang ingin dibuka.

Klik kanan pada aplikasi tersebut, dan pilih Run as administrator. Apabila muncul notifikasi pop up setelah Run as administrator diklik maka pilih OK. Setelahnya anda akan diminta untuk menunggu beberapa saat hingga proses selesai. Jika sudah, lazimnya aplikasi bisa dipasang dan dibuka layaknya program lainnya.

  1. Instal Komponen Pendukun

Komponen seperti NET Framework, DirectX, serta Driver merupakan beberapa komponen pendukung yang dibutuhkan dalam aplikasi. Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu, agar pemasangan aplikasi lainnya dapat berjalan dengan lancar. Alangkah baiknya apabila komponen pendukung yang diinstal ini merupakan versi terbaru agar kinerjanya lebih mumpuni.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan apabila aplikasi tidak bisa terinstal pada komputer atau laptop. Cara mengatasinya sebenarnya tergantung dari penyebab mengapa program terkait tidak bisa terpasang, jadi pastikan anda mengetahui terlebih dahulu apa masalah yang membuat aplikasi tidak bisa diinstal. Anda bisa membawanya ke tempat service untuk lebih mudahnya.