You are currently viewing Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak

Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak

 

Kelopak mata bengkak merupakan kondisi akibat peradangan atau ada cairan berlebih di jaringan ikat sekitar mata. Pembengkakan kelopak mata ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari terlalu lama menangis hingga masalah kesehatan berupa iritasi, infeksi, hingga alergi. Maka dari itu, cara mengatasi kelopak mata bengkak pun berbeda-beda disesuaikan dengan penyebabnya.

Memiliki kelopak mata bengkak bisa jadi sangat menyebalkan. Bagi sebagian orang, kondisi ini mungkin saja dianggap dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan perasaan tidak nyaman di area mata. Nah, di antara banyaknya cara mengatasi kelopak mata bengkak, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan

  • Bilas mata dengan air bersih

Membilas mata dengan air bersih merupakan hal yang penting, terutama jika pembengkakak disertai dengan gejala mata belekan atau berair. Agar memiliki hasi yang optimal gunakan air dingin yang bersih untuk membilas.

  • Kompres hangat

Rendam handuk yang sudah diremdam dengan air hangat, lalu tempelkan kain tersebut pada kelopak mata selama kurang lebih 10-15 menit. Suhu hangat dari komopres akan melancarkan aliran darah serta mengurangi sumbata di area sekitar kelopak mata.

  • Kompres dingin

Kompres dingin adalah cara efektif untuk mengatasi kelopak mata bengkak akibat terlalu banyak menangis dan kurang tidur. Anda hanya perlu merendam handuk dalam air dingin, lalu tempelkan pada kelopak mata selama kurang lebih 10-15 menit.