You are currently viewing Cara Membuka Pintu Rumah Yang Terkunci Dari Dalam Dengan Efektif

Cara Membuka Pintu Rumah Yang Terkunci Dari Dalam Dengan Efektif

Kunci berperan penting sebagai pengaman dan proteksi di rumah. Anda perlu memastikan pintu dan jendela terkunci sehingga mengurangi resiko tidak diinginkan. Disisi lain, penghuni juga mengecek kunci sebelum lanjut istirahat atau aktivitas lain di dalam rumah tersebut. Akan tetapi, situasi seperti terkunci sering terjadi. Misalnya, Anda baru pulang kantor dan ingin membuka pintu. Kunci tidak bekerja sebab terkunci dari dalam.

Mengapa Pintu Terkunci

Sebelum lanjut membahas cara membuka kunci pintu, pertanyaan dasar adalah mengapa pintu terkunci sehingga memberikan dampak bagi penghuni. Jika mereka memiliki kunci, situasi tidak bermasalah karena pintu dapat dibuka dengan mudah. Namun, terkunci dari dalam justru lebih berbahaya. Di situasi seperti ini, ada dua kemungkinan yaitu Anda berada di luar lalu pintu tidak sengaja terkunci atau memang tidak terbuka dari dalam.

Jika terkunci karena lupa tidak membawa kunci cadangan atau utama, Anda cukup mencari cara bagaimana posisi pintu terbuka. Hubungi keluarga atau siapapun yang diperkirakan membawa kunci. Namun, kondisi berbeda terjadi dimana pintu dan kunci bermasalah. Artinya, Anda sudah memakai kunci yang tepat tetapi tidak juga terbuka. Perlu diketahui, beberapa pintu menggunakan sistem elektrik dan otomatis. Jika terjadi gangguan misalnya getaran atau salah mengisi password, pintu akan terkunci otomatis.

Apapun yang terjadi, satu tip yang aman adalah jangan mendobrak kecuali dalam kondisi darurat. Pintu yang kokoh justru berbahaya jika dibuka paksa dengan cara dorong atau dobrak berlebihan. Dampaknya bukan hanya pada pintu tetapi kusen hingga dinding. Jadi, pilih cara dobrak sebagai solusi akhir.

Cara Membuka Pintu Rumah

Pintu terkunci dapat diselesaikan dengan beberapa cara. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak daftar dan penjelasan berikut ini.

  1. Penjepit kertas

Penjepit kertas sering dipakai untuk membuka kunci. Bentuknya mungil tetapi kokoh menjadikan cara ini adalah solusi awal yang dapat diterapkan langsung. Anda memasukkan penjepit tersebut ke dalam lubang kunci dan berusaha menjangkau bagian inti. Selanjutnya, gerakkan maju mundur hingga kunci tertarik lalu mengikuti putaran. Perlu Anda ketahui, metode ini tidak menjamin tuntas tetapi pergeseran pengunci dapat dijadikan patokan. Secara perlahan, posisi kunci bergerak akhir terbuka.

  1. Kunci L

Penggunaan kunci L juga dapat membuka pintu rumah. Kunci seperti ini biasanya digunakan mekanik atau mereka yang bekerja di bidang teknik. Jika kebetulan Anda memilikinya, siapkan kunci dan segera masukkan ke bagian lubang. Target Anda adalah pengait di tengah lalu mencoba agar tertarik ke arah sebaliknya.

  1. Gantungan kawat

Jika pintu terkunci dengan model latch, Anda perlu melepasnya dari luar atau dalam. Untuk masalah tersebut, gunakan gantungan kawat yang mampu menjangkau bagian sisi lain dari pintu. Setelah itu, kait secara perlahan kunci lalu geser. Cara ini membutuhkan sela atau jeda dimana kawat dapat mengaitkan ke anak kunci dengan aman.

  1. Memakai obeng

Anda menggunakan obeng untuk membuka kunci terutama bagian kenop. Tujuannya adalah membongkar kunci tersebut secara langsung selama masih di kondisi terkunci. Ini lebih aman dibandingkan mendobrak.

  1. Kunci duplikat

Jika terkunci, solusi yang sering dipakai adalah memakai duplikat. Kunci rumah terdiri dari dua atau tiga sebagai cadangan. Apabila masih kurang, Anda membuat yang lain di layanan duplikat kunci jakarta. Mereka mampu membuat kunci apa saja termasuk pintu rumah. Duplikat ini selalu disimpan dengan aman dan siap dipakai pada waktu yang tidak terduga.