You are currently viewing 5 Cara Membasmi Semut Hitam Di Pohon Mangga Dengan Bahan Alami

5 Cara Membasmi Semut Hitam Di Pohon Mangga Dengan Bahan Alami

Bagi sebagian orang, kehadiran semut di pohon mangga dianggap wajar dan tidak bermasalah. Nyatanya kondisi ini menjadi pertanda jika daun mangga diserang oleh kutu daun. Selain itu, kehadiran semut juga mengganggu kenyamanan pemilik pohon. Lantas bagaimana cara membasmi semut hitam di pohon mangga? Berikut informasinya!

Deretan Bahan Alami Untuk Basmi Semut Hitam

  1. Minyak Tanah

Minyak tanah menempati urutan pertama bahan non obat yang bisa anda gunakan untuk membasmi semut hitam di pohon mangga. Minyak tanah memberikan sensasi rasa terbakar di kulit semut. Alhasil, semut enggan untuk melewati jalur yang yang sudah dilumuri minyak. Bahkan semut yang terjebak dipastikan langsung mati.

Pengaplikasian cara ini juga cukup mudah dan tidak perlu bahan tambahan lain. Langsung saja siramkan minyak tanah di kulit pohon mangga. Jumlahnya tidak perlu banyak, yang penting cukup basah dan aromanya keluar. Jika terlalu berlebih dan sampai mencemari tanah, maka akan membahayakan pohon mangga itu sendiri.

  1. Air Bawang Putih

Bahan kedua yang juga dijauhi oleh semut adalah bawang putih. Bahan ini dikenal memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga tidak disukai oleh serangga. Dengan memanfaatkan aroma tersebut, maka pohon mangga di sekitar rumah bisa terhindar dari kerumunan semut yang kerap mengganggu. Pemilik pohon pun bisa memetik mangga dengan lebih mudah.

Cara penggunaan bawang putih ini cukup mudah. Langsung saja tumbuk bawang putih kemudian campurkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan ramuan tersebut di bagian pohon yang diserang semut. Bukan hanya semut saja yang akan pergi, melainkan hama lain seperti kutu daun yang menjadi penyebab semut berkerumun juga menghilang.

  1. Daun Mint

Bahan ketiga yang tidak kalah ampuh adalah daun mint. Dibandingkan dengan minyak tanah dan bawang putih, bahan yang satu ini memiliki khasiat yang lebih rendah. Meskipun begitu, setidaknya daun mint bisa sedikit mengurangi intensitas atau jumlah semut yang datang. Cara penggunaannya juga mudah dan sama persis dengan pasta bawang putih.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun mint dan menembaknya. Setelah itu campurkan dengan air. Semakin banyak daun mint yang digunakan maka semakin besar khasiatnya. Tentu anda juga harus memperhitungkan jumlah airnya. Jika air terlalu banyak, maka aroma daun mint akan berkurang.

  1. Perasan Lemon

Lemon juga bisa digunakan untuk membasmi semut di pohon mangga. Langsung saja peras lemon dan siramkan ekstrak tersebut di bagian yang diserang hama. Namun cara ini memerlukan jeruk dalam jumlah banyak, sama halnya dengan daun mint. Beberapa orang sudah pernah mencobanya dan cara ini cukup efektif.

Anda juga bisa mencampurkan ekstrak atau peraan lemon ini dengan bahan lain. Dengan begitu, khasiatnya akan lebih terasa. Cara tersebut juga bisa menghemat jumlah lemon yang digunakan karena kemampuan larutan bisa diimbangi dengan bahan yang lain. Bahan Yang paling sering dikombinasikan dengan lemon adalah jeruk nipis atau bahan asam lainnya.

  1. Mentimun

Cara membasmi semut hitam di pohon mangga yang berikutnya adalah dengan mentimun. Dibandingkan bahan bahan yang telah disebutkan sebelumnya, cara ini lah yang paling jarang diketahui. Oleh karena itu, belum terlalu banyak review tentang khasiatnya. Namun untuk hasil yang maksimal, anda bisa kombinasikan mentimun dengan bahan yang lain.

Demikianlah informasi yang perlu anda ketahui seputar cara untuk membasmi semut yang menyerang tanaman mangga. Keberadaan semut memang dikenal mengganggu, tidak terkecuali di apartemen. Tidak heran jika how to get rid of ants in apartment juga menjadi halaman web yang sering diburu. Dengan mengikuti tips nya, maka semut bisa dibasmi hingga tuntas.