You are currently viewing Mudah Diterapkan, Berikut Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstal Di Komputer Windows 7

Mudah Diterapkan, Berikut Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstal Di Komputer Windows 7

 

Ketika menggunakan komputer Windows 7, tentu harus dilengkapi dengan aplikasi atau perangkat lunak di dalamnya. Hal ini penting diperhatikan untuk menunjang pekerjaan yang Anda butuhkan. Namun, sebagian orang masih belum memahami cara melihat aplikasi yang terinstal di komputer Windows 7. Untuk informasi lebih detailnya, yuk intip ulasannya disini!

Cara Mengecek Daftar Perangkat Lunak Pada Windows 7

  1. Melihat Daftar Software yang Terpasang Pada di Windows dengan Command Prompt

Cara pertama yang bisa mudah dipraktekkan yaitu menggunakan Command Prompt.  Metode ini memungkinkan pengguna untuk mengecek aplikasi yang sudah terpasang dengan cepat dan tanpa ribet. Untuk menggunakan cara ini, Anda tidak perlu lagi mengunduh atau memasang aplikasi tambahan, sebab fitur ini sudah tersedia built-in dengan Windows.

Agar lebih mudah dan praktis, maka Anda bisa menekan tombol shortcut dengan input  Windows + R. Kemudian ketikkan cmd pada kolom Command Prompt dan tekan Enter. Setelah itu masukkan kode dengan output:D:\ ke lokasi penyimpanan yang Anda inginkan. Misalnya saja harddisk eksternal dengan driver F dan lain sebagainya, lalu klik Enter jika sudah.

Apabila sudah menekan Enter, secara otomatis Windows akan mengumpulkan informasi yang Anda inginkan. Setelah itu,  sistem operasi Windows akan memberikan daftar beberapa output dengan nama dan juga file format di lokasi yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Jika selesai, maka bukalah file dan lihatlah apa saja isinya. .

  1. Melihat Daftar Software Terpasang di Windows dengan PowerShell

Apabila Anda tidak terbiasa menggunakan Command Prompt, maka bisa juga bisa menggunakan fitur PowerShell.  Untuk melihat daftar aplikasi atau software yangs sudah terpasang pada OS, caranya juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pertama, Anda harus membuka fitur ini dengan menekan tombol Windows + R.

Jika sudah terbuka, maka ketikkan kode powershell dan tekanlah enter. Selanjutnya, masukkan kode perintah dan jangan lupa ubah nama atau lokasi penyimpanan jika perlu. Apabila menggunakan kode perintah yang diinput masih tetap gagal, coba ulangi langkah di atas sampai berhasil. Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis Anda bisa melihat aplikasi yang sudah terinstal

Cara yang satu ini dinilai lebih praktis dan tidak ribet jika dibandingkan dengan metode lainnya. Yang Anda perlukan hanyalah mengakses tombol shortcut dan mengetikkan perintah yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa memastikan aplikasi atau perangkat lunak yang sudah terinstall di Windows 7

  1. Melihat Daftar Software yang Terpasang dengan Software CCleaner

Bagi Anda yang tidak menggunakan fitur dari PowerShell maupun Command Prompt, maka bisa memilih cara lainnya yaitu menggunakan CCleaner. Namun jika Anda belum punya CCleaner, maka Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu.  Apabila sudah terinstall, maka bisa membuka software CCleaner untuk melihat aplikasi yang sudah terpasang.

Dengan software ini, sebenarnya Anda sudah melakukan cara melihat aplikasi yang terinstal di komputer Windows 7. Namun akan membingungkan jika harus membuka CCleaner setiap kali ingin melihat aplikasi atau software yang sudah dipasang. Maka dari itu, sebuah file yang berisi daftar atau deretan software sebaiknya disimpan pada disk eksternal.

Itulah tiga cara sederhana yang bisa Anda terapkan dengan mudah untuk melihat daftar perangkat lunak yang sudah terpasang pada komputer Windows Anda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan preferensi masing masing. Agar tidak keliru dan salah langkah, ada baiknya mengakses pada sumber artikelnya yang ada di sini.