Cara Berbicara Bahasa Inggris

Cara Berbicara Bahasa Inggris

Apakah Anda sedang mencari cara berbicara bahasa Inggris agar cepat lancar dan mencapai fluensi? Sesungguhnya, tidak ada cara secepat kilat untuk bisa berbicara secara fasih dan lugas. Untuk bisa fasih berbicara bahasa Inggris, dibutuhkan latihan yang rutin terus menerus. Nah, berikut ini kami akan berikan cara berlatihnya agar terasa lebih mudah dan mengasyikan.

  1. Menerima segala keanehan dalam bahasa Inggris

Terkadang, beberapa kata dalam bahasa Inggris terdengar cukup aneh. Artinya, ada beberapa kata  dengan tulisan yang sama, namun dengan pelafalan yang berbeda tergantung kondisi dan waktu. Ada juga bentuk jamak yang berbeda-beda. Banyak sekali pengecualian dalam aturan bahasa Inggris yang tidak bisa dijelaskan secara logika. Maka agar cepat bisa, sebaiknya hiraukan rasa “aneh” tersebut.

  1. Dengarkan orang lain berbicara

Mendengarkan  adalah salah satu cara yang paling baik untuk lancar berbicara dengan bahasa Inggris. Dengan mendengarkan, Anda akan paham bagaimana pelafalan suatu kata, seperti apa penekanan saat membacanya, dan semakin sering diulang, akan semakin paham maksudnya. Anda bisa belajar mendengarkan melalui, film berbahasa Inggris, lagu, video di internet, dan sebagainya.

  1. Sering membaca lirik atau subtitle

Bukan hanya mendengar, Anda juga bisa mendengarkan sembari membaca lirik atau subtitle dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, Anda bisa mengulangi kata yang sama dalam beberapa kali hingga pelafalannya sesuai. Ini bisa jadi cara yang cukup ampuh untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris secara fasih.

  1. Rajin mencari arti  kata

Anda akan hafal kosa kata bahasa Inggris dengan sendirinya jika sering mengulang kata dan mencari arti kata. Di mana pun Anda mendapatkan kata-kata dalam bahasa Inggris, entah film, lagu, buku, atau percakapan langsung, segeralah cari artinya. Kalau perlu, buatlah kamus kecil Anda sendiri yang berisi kosa kata bahasa Inggris.

  1. Mencari lawan bicara yang mahir berbahasa Inggris

Belajar saja tidak cukup untuk bisa berbicara bahasa Inggris agar cepat fasih, karena bicara adalah tentang latihan. Penting sekali untuk mempraktikkan secara langsung dan berulang bicara menggunakan bahasa Inggris. Pilihlah teman atau kerabat terdekat Anda lainnya yang mahir berbahasa Inggris untuk bisa menjadi lawan bicara Anda secara rutin. Pilihlah lawan bicara yang tepat.

  1. Tidak terpaku pada gramatika

Seringkali orang takut untuk mulai berbicara dengan bahasa Inggris dengan alasan belum bisa menguasai ‘grammar’. Padahal, cara berbicara bahasa Inggris yang lancar tidak sama dengan penguasaan gramatika yang sempurna. Kefasihan adalah kemampuan dalam berkomunikasi, bukan dinilai secara gramatika. Pasalnya, masih banyak juga penutur asli yang membuat kesalahan gramatika.

  1. Jangan pernah takut salah

Ketakutan adalah penghalang terbesar yang membuat Anda semakin jauh dari pintu sukses. Kata klise yang seringkali kita dengar, bukan? Nyatanya hal ini 100% benar. Dalam belajar bahasa Inggris, salah adalah hal yang lumrah. Pasalnya, bahasa Inggris bukanlah ‘bahasa Ibu’ orang Indonesia. Justru dengan adanya kesalahan dalam mempelajari bahasa Inggris, Anda jadi lebih banyak belajar.

Cara-cara yang telah dijabarkan di atas bisa selalu dipraktikkan secara berulang dan berkala. Paling penting adalah Anda selalu berlatih dan tidak pernah putuh. Sekalipun Anda sudah mahir berbicara dalam bahasa Inggris, penting untuk selalu belajar lagi dan lagi. Jika ingin lebih cepat mahir, Anda bisa memilih kursus bahasa Inggris online dengan waktu yang lebih fleksibel.