You are currently viewing Bentuk Tubuh Ikan Mas dan Habitatnya

Bentuk Tubuh Ikan Mas dan Habitatnya

Ikan yang satu ini umumnya hidup di air tawar dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kebanyakan orang percaya bahwa ikan tersebut berasal dari China. Akan tetapi, sampai saat ini ikan tersebut sudah banyak tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Ikan ini juga memiliki dua kelompok yakni ikan konsumsi dan ikan hias.

Yang menjadi ciri khas dari ikan tersebut adalah ciri fisiknya. Jika Anda merlihatnya secara kasat mata, maka terlihat postur tubuh yang tegak, memanjang, dan memiliki bentuk pipih. Bagian mulutnya endiri berada di ujung kepala bagian tengah. Ikan ini dapat menjulurkan dan menyembunyikan mulutnya dengan sigap.

Saat ingin mengenali ikan ini sendiri yang paling mudah adalah pada siripnya. Ikan ini sendiri memiliki banyak sirip pada tubuhnya. Yang paling banyak adalah punggung dengan bentuk memanjang. Sementara itu, pada bagian belakang sirip memiliki bentik seperti duri yang sangat keras.

Untuk tubuh ikan ini sendiri memiliki ukuran yang sama persis pada bagian kanan ataupun kiri. Hal tersebut bahkan bisa Anda buktikan secara langsung dengan cara membelah ikan tersebut menjadi dua bagian yang sama. Dengan begitu, nantinya akan semakin jelas bahwa tubuh ikan tersebut simetris dan sama besarnya antara kanan dan kiri.

Sementara itu, pada bagian lain yang cukup mudah untuk dikenali adalah mulut. Mulut ikan ini cukup khas karena menonjol keluar. Gerakan menonjolkan mulut tersebut akan terlihat sangat jelas ketika ikan tersebut ingin meraih makanan yang ada di depannya.