You are currently viewing Begini Cara Mencuci Masker Duckbill dengan Benar

Begini Cara Mencuci Masker Duckbill dengan Benar

 

Belakangan ini, masker duckbill tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia, terutama di kalangan remaja. Masker duckbill pada dasarnya merupakan masker satu kali pakai atau tidak bisa digunakan secara berulang. Namun, banyak orang yang merasa sayang untuk langsung membuang masker duckbill karena harganya yang sedikit lebih mahal.

Banyak orang yang memilih menggunakan kembali masker tersebut setelah mencucinya. Lalu, benarkah masker ini bisa digunakan kembali? Bagaimana cara mencuci masker duckbill secara baik dan benar? Yuk, simak penjelasan berikut!

Inilah Cara Mencuci Masker Duckbill dengan Baik dan Benar

Beberapa jenis masker duckbill ternyata bisa dicuci dan digunakan kembali. Namun, hanya masker duckbill 3 ply yang berkualitas saja yang direkomendasikan untuk dicuci dan dipakai lagi. Selain itu, masker duckbill juga hanya disarankan untuk dicuci maksimal sebanyak 2 – 3 kali saja. Nah, berikut ini adalah tips mencuci masker duckbill secara baik dan benar.

  1. Siapkan Air Bersih

Pastikan Kamu menggunakan air bersih untuk mencuci masker duckbill. Gunakan baskom atau ember untuk menampung air bersih tersebut secukupnya. Lebih disarankan pula untuk menggunakan air hangat agar lebih efektif untuk membasmi kuman yang menempel di permukaan masker tersebut.

  1. Gunakan Sabun Cair

Untuk mencuci masker duckbill, sangat disarankan untuk menggunakan sabun cair yang lembut. Tujuannya adalah supaya sabun tidak merusak masker duckbill tersebut. Selain itu, tidak perlu menggunakan sabun berlebihan. Gunakan secukupnya saja.

  1. Usap Perlahan

Usap permukaan masker duckbill secara perlahan menggunakan sabun cair. Jangan dikucek dengan terlalu keras. Cukup usap secara perlahan dengan tangan sampai masker tersebut bersih.

  1. Bilas dengan Air Bersih

Setelah masker diusap menggunakan air sabun, selanjutnya bilas masker tersebut menggunakan air bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi sabun yang menempel pada permukaan masker. Namun, jangan sampai masker tersebut diperas terlalu keras karena bisa merusak masker.

  1. Keringkan

Jika sudah dibilas, segera keringkan masker tersebut. Pastikan masker mendapatkan penyinaran yang cukup. Angin-anginkan masker juga penting agar masker tidak lembap. Pastikan untuk menjemur masker sampai benar-benar kering.

Nah, itu dia cara mencuci masker duckbill secara baik dan benar. Meski begitu, namun masker duckbill sebenarnya tidak disarankan untk dicuci dan digunakan berulangkali. Agar lebih aman, sebaiknya masker medis ini cukup digunakan satu kali saja. Jika terpaksa harus mencucinya, maka lakukan dengan cara yang benar supaya lebih aman saat digunakan.