Asal Usul Candi Prambanan

Asal Usul Candi Prambanan

 

Candi Prambanan adalah sebuah candi dari Hindu yang terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Indonesia tepatnya pada masa Jawa kuno. Dimulai oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan Pembangunan candi ini pertama kali.

Beberapa sejarawan berspekulasi pembangunan candi Prambanan untuk saingi  candi Borobudur  yang beraliran Budha.Pembangunan Candi Prambanan ini dinilai untuk menandai bahwa keluarga sanjaya atas jawa berkuasai lagi. menyusul persaingan wangsa kembar yakni sailendra penganut budha mahayana dan sanjaya penganut hindu.

Sekitar tahun 850 masehi Candi Prambanan pertama dibangun oleh rakai pikatan. dilanjutkan oleh raja sri maharaja dyah balitung maha sambu dan raja lokapala.

Menurut prasasti Siwagrha berangka tahun 856 M, bangunan candi prambanan fungsinya untuk memuliakan dewa Siwa, nama asli Candi Prambanan dalam bahasa Sanskerta yaitu Siwagrha yang berarti Rumah Siwa atau Siwalaya memiliki arti Ranah Siwa atau Alam Siwa.

Pada prasasti itu disebutkan ketika  sedang dibangun candi prambanan pembangun dilakukan juga pekerjaan umum perubahan tata air untuk memindahkan aliran sungai di dekat candi ini.

Candi Prambanan dari waktu ke waktu terus disempurnakan oleh raja raja berikutnya dari kerajaan medang mataram seperti raja Sri Maharaja Dyah Tulodong dan Sri Maharaja Dyah Daksa. Kemudian juga diperluas dengan dibangunya candi-candi yang jumlahnya ratusan di sekitar candi utama.

Di masa puncak kejayaanya ratusan pendeta brahmana dan murid-muridnya berkumpul dan menghuni pelataran luar candi untuk belajar kitab Weda. sedangkan pusat kerajaan mataram tak terlalu jauh dari candi ini.