Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Dan Kesehatan

Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Dan Kesehatan

 

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal memiliki sejuta manfaat bagi manusia. Tanaman lidah buaya bisa menjaga kecantikan kulit wajah dan juga membantu untuk menjaga kesehatan badan. Di Indonesia lidah buaya termasuk tanaman yang paling mudah ditanam dan didapatkan. Memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah membuat banyak brand kosmetik yang menambahkan ekstra lidah buaya. Lalu apa manfaat lidah buaya untuk wajah dan kesehatan? Ini adalah beberapa topik menarik yang akan dibagikan pada penjelasan kali ini.

Lidah buaya atau aloe vera adalah jenis tanaman yang memiliki tangkai pendek, memiliki daun hijau tebal yang mampu menyimpan air di dalamnya, dan memiliki tekstur daun yang keras. Di setiap daun lidah buaya mengandung jaringan berlendir yang menyimpan air. Karena memiliki simpanan air yang pekat membuat aloe vera identik dengan gel. Gel lidah buaya ini memiliki kandungan senyawa bioaktif seperti mineral, vitamin, asam amino dan antiosidan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

Kecantikan saat ini sangat identik dengan skincare dan make up mulai dari yang berharga puluhan ribu hingga ratusan juta. Banyak wanita yang melupakan bahwa  banyak kandungan bahan kimia dalam skincare dan make up, kulit wajah membutuhkan peremajaan menggunakan bahan alami untuk mengembalikan kondisi kulit wajah yang sehat dan cerah. Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah dari berbagai golongan usia.

Menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, mari lebih dulu mencari tahu apa saja manfaat tanaman lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah seperti berikut ini:

  1. Menenangkan dan mendinginkan kulit saat terkena sinar matahari. Senyawa Polisakarida pada lidah buaya bermanfaat untuk mendorong terbentuknya sel kulit baru dan perbaikan kulit yang bisa melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Kandungan karboksipebtidase pada lidah buaya akan membantu untuk menenangkan kulit saat terkena sinar matahari.
  2. Membantu meredakan peradangan kulit wajah. Senyawa acemannan dalam lidah buaya mampu meredakan perdagangan pada kulit wajah. Cukup tempelkan bagian daam lidah buaya pada bagian kulit wajah yang mengalami peradangan.
  3. Melembabkan kulit wajah. Lidah buaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dengan banyaknya kandungan air daam tanaman bertangkai pende ini, melembabkan kulit tanpa terasa berminyak juga membuat kulit wajah akan terasa lebih halus.
  4. Membantu mengatasi jerawat. Memiliki kulit berjerawat adaah masalah yang serius untuk perempuan, mereka akan membutuhkan lidah buaya untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Lidah buaya memiliki kandungan asm salisilat yang merupakan exfoliant untuk membantu membuka pori-pori di wajah. Saat poro-pori di awah tidak tersumbat dan tidak terjadi produksi minyak berlebih masalah jerawat dan komedo akan teratasi.
  5. Mengobati luka di wajah. Saat anda mengalami insiden yang mengakibatkan luka di bagian wajah dan anda tidak ingin muncul bekas luka maka gunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah aktiseptik alami yang sempurna karena mengandung asal salisilat, fenol dan surfur yang dikenal dapat mencegah tumbuhnya jamur, bakteri dan virus.
  6. Memperlambat tanda penuaan. Saat memasuki usia 30 tahun yang paling ditakutkan adalah akan muncul tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan di wajah. Salah satu cara memperlambat terjadinya penuaan adalah dengan dengan lidah buaya, kandungan seng dalam tanaman ini bisa berfungsi sebagai astringent yang dapat mengencangkan pori-pori dan sebagai antioksidan. Vitamin C dan vitamin E pada lidah buaya juga akan mencegah terbentuknya radikal bebas.
  7. Mencegah dan mengatasi masalah flek hitam membandel. Gel dalam tanaman lidah buaya bisa mencegah produsi tirotinasi yang merupakan enzim yang merubah warna kulit dan mencegah terjadinya hiperpigmentasi agar tidak muncul flek hitam di wajah. Sedangkan untuk mengatasi masalah flek hitam yang membandel dapat dengan menempelkan bagian dalam lidah buaya pada bagian wajah yang muncul flek hitam secara rutin.
  8. Eksfoilasi ringan. Daam lidah buaya terdapat kandungan asal salisalat yang membantu untuk mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi dengan lidah buaya ini akan membantu mencerahkan kulit agar terlihat lebih sehat dan glowing.

Dalam dunia kencantikan lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sudah dipercaya berbagai merk kosmetik untuk membuat skincare alami. Termasuk yang dilakukan oleh evershine pada salah satu produk skincare yang mereka luncurkan. Namun, bukan berarti anda harus membeli produk yang skincare yang di jual di pasaran. Bila ingin mendapatkan manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah tanpa campuran bahan kimia terutama yang memiliki tanaman lidah buaya, ini adalah cara sederhana untuk membuat masker lidah buaya yang aman:

Yang pertama, masker lidah buaya dengan air mawar yang bermanfaat untuk mengatasi iritasi kulit dan mencerahkan kulit. Bahan yang diperlukan untuk membuat masker ini ada tiga yaitu lidah buaya, air mawar dan  timun. Tumbuk setengah bagian timun sampai halus, tambahkan satu sendor air mawar dan dua sendok gel lidah buaya. Campurkan bahan sampai menyatu lalu oleskan pada wajah dan pakai selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Agar hasilnya lebih efektif gunakan masker ini tiga kali dalam satu minggu.

Yang kedua, masker lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat dan membersihkan wajah. Ada yang mengalami masalah bekas jerawat membandel atau kulit kusam karena debu dan kotoran yang menumbat pori-pori? Yang mengalami masalah ini dapat membuat masker lidah buaya dan jus tomat. Buat jus tomat (bisa ditumbuk atau dihancurkan dengan menggunakan blender), ambil dua sendok jus tomat tambahkan satu sendok gel lidah buaya. Pakai masker pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Yang ketiga, masker lidah buaya yang satu ini  khusus untuk yang memiliki jenis kulit kering. Manfaat menggunakan masker lidah buaya ini membantu untuk menghindrasi kulit kering agar lebih lembab, membuat kulit lebih elastis dan menghilangkan kerutan serta garis halus di wajah. Cara membuat masker lidah buaya ini dengan mencampur 2 sendok makan gel lidah buaya dengan sebutir telur. Aplikasikan di wajah secara merata dan tunggu selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan gosok sisa masker yang ada di wajah baru bilas lagi sampai benar-benar bersih.

Yang keempat, masker lidah buaya yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati dan mengatasi masalah minyak berlebih di wajah. Masker lidah buaya ini cocok untuk yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Cara membuat masker lidah buaya ini campur dua sendok makan lidah buaya dengan dua sendok makan brown sugar. Oleh masker ke wajah dengan cara memijat dengan lembut dan melingkar selama lima menit, lalu diamkan masker selama kering dan bersihkan masker dengan menggunakan air hangat.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi, tapi lidah buaya juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Tanaman yang satu ini dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan. Selama ini, lidah buaya memang lebih banyak dikenal sebagai bahan alami menjaga dan merawat kulit wajah jadi banak yang kurang tahu tentang manfaat lidah buaya untuk hal lain.

Manfaat lidah buaya bisa menjadi obat masalah pencernaan. Masalah pencernaan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah masalah pencernaan yang muncul karena kondisi katub antara kerongkongan dan lambung tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga gas lambung kembali ke kerongkongan dan mengakibatkan heartburn. Masalah GERD ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi satu sampai 3 ons gel lidah buaya murni.

Memiliki masalah plak, bau mulut, gusi berdarah dan bengkak di mulut bisa berkumur dengan lidah buaya. Campurkan air dengan lidah buaya lalu pakai untuk kumur. Kandungan Vitamin C dan nutrisi lain pada lidah buaya akan membantu mengatasi masalah mulut anda. Bagi penderita diabetes, lidah buaya adalah salah satu obat alami yang dikenal bisa bisa menurunkan kadar gula darah.  Mengkonsumsi dua sendok makan gel lidah buaya disarankan untuk penderita diabetes. Namun, anda harus melakukan konsutasi dengan dokter lebih duu terlebih saat anda minum obat penurun gula darah.

Perawatan masalah kulit, yang mengalami peradangan karena iritasi, infeksi atau mengalami luka bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami. Lidah buaya mengandung karbohidrat kompleks dan asam sulfilat yang bisa mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri, kandungan air yang tinggi pada lifah buaya akan mendinginkan dan melembabkan kulit yang mengalami peradangan.

Membantu melawan kanker payudara. Lidah buaya yang memiliki kandungan emodin bisa membantu memperlambat proses perkembangan sel kanker. Sampai saat ini manfaat lidah buaya untuk memperlambat pertumbuhan kanker masih diteliti oleh para ahli. Sebagai obat pencahar alami, konsumsi 0,04-0,17 gram lidah buaya untuk mengatasi masalah sembelit. Lidah buaya dilarang untuk orang-orang yang menderita radang usus besar karena dapat mengaibatkan kram perut dan diare yang lebih parah.

Mengkonsumsi jus lidah buaya dapat membantu untuk menghindari terjadinya dehidrasi, membuat kulit lebih sehat dan menghindari sembelit bahkan mengontrol kadar gula darah. Namun, mimum jus lidah buaya juga memiliki resiko yang cukup besar. Ini adalah resiko jika berlebihan minum jus lidah buaya:

  1. Bisa meningkatkan resiko keguguran pada wanita hamil.
  2. Menimbulkan kram dan nyeri perut, bila diminum berlebihan.
  3. Minum jus lidah buaya yang masih banyak mengandung lateks dalam jumlah yang terlalu banyak bisa mengakibatkan diare, gangguan ginjal, gangguan elektrolit dan gangguan fungsi hati
  4. Berbahaya untuk orang yang mengkonsumsi obat tertentu, kondisi ini membutuhkan konsultasi dengan dokter.

Minum jus lidah buaya atau memakai lidah buaya untuk mengatasi masalah kesehatan masih aman jika dilakukan dalam batasan tertentu. Apapun yang berlebihan tidak akan baik.

Dari penjelasan di atas terbukti ada banyak manfaat lidah buaya di bidang kecantikan dan kesehatan. Memakai masker lidah buaya akan membantu merawat dan menjaga kecantikan kulit wajah. Minum jus lidah buaya atau gel lidah buaya bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan asal tidak berlebihan. Anda bisa mulai memanfaatkan lidah buaya seperti yang disebutkan disini.