You are currently viewing Apa Itu Website

Apa Itu Website

Definisi apa itu website adalah kumpulan page atau halaman pada suatu domain di internet yang dapat diakses menggunakan browser dan URL website. Contoh website yang paling mudah adalah Google, Facebook, serta Twitter yang Anda akses melalui mobile atau desktop dengan bantuan browser.

Unsur Penting pada Sebuah Website

Website memiliki tiga unsur penting, yaitu domain, hosting, dan konten. Ketiga unsur tersebut harus ada dalam website agar suatu website dapat diakses oleh pengguna internet. Jika salah satunya tidak ada atau tidak terpenuhi, maka website tidak akan dapat diakses atau ditemukan oleh pengguna internet.

  1. Domain

Unsur website yang pertama adalah domain. Domain dapat diibaratkan sebagai merk atau brand dari sebuah website. Oleh karena itulah domain yang menarik akan dapat menarik pengguna internet untuk mengunjungi suatu website.

Karena diibaratkan sebagai brand atau merk dari suatu website, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan nama domain yang unik serta mudah untuk diingat. Dengan begitu, pengguna internet yang pernah mampir atau berkunjung ke website Anda dapat berkunjung kembali karena nama domain yang mudah diingat.

  1. Hosting

Meski domain sangat penting, hosting tidakkalah penting. Pasalnya, hostinglah yang berperan dalam proses penyimpanan semua database website seperti script, teks, gambar, video, dan lain-lain. Semua database tersebut diperlukan untuk membuat website sehingga sangat penting.

Ada banyak penyedia jasa hosting yang dapat dipilih. Namun, pastikan Anda memilih hosting terbaik agar akses ke website Anda dapat dilakukan dengan cepat.

  1. Konten

Konten adalah isi dari website, yaitu sesuatu yang ingin diberikan oleh pemilik website kepada pengunjung website. Tanpa adanya konten, tujuan dibuatnya website pun tidak jelas. Tanpa adanya konten, pengguna internet juga tidak akan berkunjung ke website Anda karena tidak ada informasi atau hiburan yang dapat diperoleh dari sana.

Konten website ada banyak macamnya, dapat berupa artikel atau teks, gambar, dan dapat juga berupa video. Konten website dapat menjadi panduan untuk pengelompokkan website, seperti website jual–beli, website berita, website sosial media, dan sebagainya.

Website dibagi menjadi beberapa kelompok, beberapa di antaranya adalah website pribadi, blog, dan website toko online. Masing-masing jenis website tersebut memiliki tujuan sendiri sehingga pengunjungnya pun berbeda.

Manfaat Website

Website memiliki banyak manfaat. Manfaat website yang paling umum adalah untuk memberikan informasi kepada pengguna internet. Namun, sebenarnya bukan hanya itu manfaat website. Ada banyak manfaat lain, terutama bagi webmaster alias pemilik website. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Berbagi Informasi dan Cerita

Berbagi informasi dan cerita adalah manfaat paling utama dari website. Dengan membuat website, Anda dapat berbagi informasi maupun cerita tentang banyak hal, mulai dari review kuliner, travelling, teknologi, parenting, sampai keuangan. Informasi dan cerita yang dibagi tergantung dari Anda sendiri.

  1. Membangun Personal Branding

Selain dapat memberikan informasi kepada pengguna internet yang lain, lebih tepatnya pengunjung website, website dapat membantu Anda membangun personal branding yang kuat juga terpercaya. pasalnya, Anda dapat membagikan banyak hal melalui website tergantung passion Anda.

  1. Menghasilkan Uang

Jika personal branding telah terbentuk, maka peluang untuk menghasilkan uang dari website semakin besar. Oleh karena itulah Anda perlu mencari tahu apa itu website di Ngetik.id yang menyediakan berbagai informasi. Ngetik.id juga menyediakan berbagai tips tentang website dan blog.