You are currently viewing 3 Keunikan Jembatan Holtekamp, Pelancong Wajib Tahu

3 Keunikan Jembatan Holtekamp, Pelancong Wajib Tahu

 

Jembatan yang melintang di atas Teluk Youtefa Jayapura ini memang sedang menjadi sorotan masyarakat Indonesia karena keunikannya. Jembatan Holtekamp dibangun dengan plengkung baja berwarna merah menambah keindahan bangunan di Papua.

Keunikan Bangunan Kokoh dan Unik yanh Berdiri di Tanah Papua

  1. Mendapatkan Rekor MURI

Keunikan pertama dari jembatan yang ada di Papua in adalah mendapatkan Rekor MURI. Hal ini dikarenakan jembatan tersebut menjadi jembatan pertama yang plengkungnya dibuat utuh di suatu tempat, kemudian setelah jadi baru dibawa ke lokasi.

Selain keunikan tersebut, jembatan ini juga merupakan jembatan dengan rangka baja yang utuh dengan rekor pemasangan jembatan rangka baja terpanjang. Sehingga tak heran lagi jika Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat pembangunan jembatan ini.

  1. Pencahayaan Yang Pintar

Pencahayaan pintar yang dimaksud adalah pencahayaan yang digunakan dalam pembangunan jembatan ini menggunakan intelligent colour lighting. Output cahaya bisa diprogram dan dikendalikan sesuai dengan kebutuhan dan menghasilkan 16 juta kombinasi warna.

Penyesuaian warna ini juga disesuaikan dengan hari-hari perayaan lokal atau event-event tertentu sebagai sarana interaksi bersama warga. Karena sudah menggunakan sistem Intellegent Color Lighting pada pemasangannya.

  1. Nilai Ke-Strategisannya

Selain menjadi salah satu ikon Jayapura, jembatan ini juga menambah nilai strategis dikarenakan menjadi solusi kepadatan kawasan pemukiman dan perekonomian di Jayapura. Sebut saja seperti meningkatkan hubungan perekonomian antara Republik Indonesia dengan Papua New Guinea.

Pembangunan jembatan yang berada di Kota Jayapura ini tentu membawa kemudahan bagi masyarakat dalam membangun kerjasama maupun meningkatkan perekonomian warga. Oleh karena itu jembatan ini juga termasuk jembatan ikonik yang ada di Papua.